Header Ads

  • Breaking News

    14 Tempat Wisata di Pasaman Barat yang Memukau

    Pasaman Barat(SUMBAR).JNews- Pasaman Barat merupakan salah satu Kabupaten yang dimiliki oleh Provinsi Sumatera Barat. Kabupaten ini amatlah kaya akan keindahan alamnya yang masih tersembunyi. Namun kekayaan alam tersebut belum di kelola secara maksimal oleh pihak terkait.
    Meskipun tak begitu terkenal namun daerah ini memiliki potensi wisata alam yang sangat mempesona. Diantaranya banyak terdapat objek wisata alam seperti air terjun, pantai, dan gunung. Buat kamu yang berencana berlibur ke Kabupaten ini maka Rakyat sumbarnews.com akan menyajikan informasi 14 Tempat Wisata di Pasaman Barat yang Wajib di lirik saat lebaran.

    1.    Danau Laut Tinggi

    Danau Laut Tinggal merupakan salah satu keindahan alam yang tersembunyi di Pasaman Barat. Danau ini terletak di Puncak Gunung Malintang dengan ketinggian 1.900 Mdpl. Keberadaan Danau ini sungguh sangat eksotis, namun keeksotisan alam nan indah ini hanya mampu dinikmati oleh para pendaki dan penjelah alam. Berdasarkan penuturan salah satu pendaki profesional asal Ukraina menyebutkan bahwa Danau Laut Tinggal adalah danau yang pertama kali di publikasi di beberapa media Universitas termuka bahkan dijadikan sebagai objek penelitian oleh ekpeditor asal jerman.

    2.    Pantai Tugu Bangis

    Pantai Tugu Bangis merupakan salah satu tempat wisata alam yang berada di Pasaman Barat. Jika dilihat dari pemandangan alamnya Pantai Tugu Bangis juga tak kalah indahnya jika di bandingkan dengan wisata alam lain yang ada di Pasaman Barat. Pantai ini memiliki pemandangan laut indah dan menawan.

    3.    Air Terjun Sibura-burai

    Pasaman Barat sangat kaya akan wisata alamnya. Salah satu wisata alam yang masih terjaga keasriannya yaitu Air Terjun SIburai-Burai. Air Terjun ini kaya akan pesona alamnya yang sangat menawan. Memiliki 3 tingkatan air terjun, dimana pada tingakatan 1 dan 2 saling berdekatan yang memiliki ketinggian 2-4 meter. Sedangkan air terjun yang utama memiliki ketinggian 30 meter dengan arus air yang lumayan deras menggguyur bumi.

    4.    Pulau Panjang

    Sebagai wilayah yang memiliki gari pantai mencapai 152 Km. Maka tak heran Kabupaten Pasaman Barat memiiliki banyak pantai-pantai eksotik dan jajaran pulau-pulau kecil. Salah satu pulau yang paling terkenal dan berpenghuni yaitu Pulau Panjang. Daya tarik yang dimiliki pulau ini adanya Hanggar yang dibangun oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pasaman Barat untuk menarik minat wisatawan. Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di tempat ini yaitu memancing, Snorkeling, dan Diving.

    5.    Pantai Sikilang

    Tempat wisata di Pasaman Barat berikutnya yaitu Pantai Sikilang. Pantai ini berada di Kecamatan Sungai Aua. Berjarak sekitar 22 Km dari ibukota Pasaman. Daya tarik yang dimiliki pantai ini salag satunya masih alami dan masih sangat jarang dikunjungi oleh para wisatawan. Namun bagi yang sudah mengunjungi pantai ini mengungkapkan Pantai ini sebagai surganya rekreasi, terkhusus bagi para wisatawan yang gemar berjemur. Dan juga pantai ini memiliki ombak yang sangat bagus sehingga cocok bagi yang hobbi berselancar.

    6.    Pantai Sasak

    Pantai Sasak terletak di Kenagarian Sasak, Kecamatan Sasak Ranah Pasisia. Pantai ini menjadi pantai paling favorit bagi masyarakat pasaman barat. Setiap harinya terutama pada saat liburan pantai ini akan padat dikunjungi oleh wisawatan. Salah satu daya tarik yang dimiliki oleh pantai ini yaitu pantai indah yang memiliki ombak besar yang berhubungan secara langsung dengan Samudera Hindia.

    7.    Danau Indah Koto Balingka

    Danau Koto Balingka merupakan pesona wisata selanjutnya di Pasaman Barat. Danau ini terletak di Kecamatan Koto Balingka yang berjarak 55 km dari Ibukota Pasaman Barat. Di tempat ini terdapat 3 danau yaitu Danau Keruh, Danau Jernih, dan Danau Loweh yang saling berdekatan hingga diberi nama Danau Indah. Tempat ini sering sekali dijadikan sebagai tempat wisata bagi masyrakat setempat. Hal yang terpenting yang bisa dinikmati oleh pengunjung yaitu sajian pemandangan Danau yang sangat mempesona. Untuk bisa menikmati danau ini secara dekat maka pengunjung dapat menyewa perahu yang bisa disewa dengan masyarakat sekitar.

    8.    Waterboom Padang 7

    Waterboom Padang 7 adalah Waterboom pertama yang ada di Pasaman Barat. Wajar setiap harinya tempat ini dikunjungi ribuan masyarakat mengunjungi tempat wisata ini. Tempat ini dilengkap Kiddy Area, Sampam Dayung, Kolam Arus, dan Wahana Peluncuran Air. Disini juga terdapat taman seluar 10 Hektar yang bisa menampung ribuan wisatawan sekaligus. Mungkin jika anda tertarok silahkan berkunjung ke Waterboom ini.

    9.    Lubang Jepang

    Ternyata Pasaman Barat Juga memiliki gua yang sama seperti yang ada di Padang Panjang yakni Goa Jepang. Goa atau yang biasa disebut masyarakat sekitar Lubang jepang ini merupakan salah satu bukti sejarah bahwa dulunya Pasaman Barat pernah di jelajahi oleh penjajah jepang. Lubang jepang ini terletak di Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat. Meskipun bentuknya yang tak terlalu terawat namun tempat ini dijadikan salah satu objek wisata di Pasaman Barat.
    11.    Paralayang

    Jika anda penggemar olahraga Paralayang maka anda bisa mencobanya di Kabupaten Pasaman Barat. Olahraga ini terdapat di bukit yang memiliki view pemandangan Gunung Talamu. Di kawasan ini anda dapat terbang mengelilingi udara menyusuri kota Pasaman Barat. Dijamin ini akan menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi perjalanan wisata anda.

    12.    Pantai Maligi 

    Maligi adalah salah satu daerah di Pasaman Barat .letaknya yang strategis di kelilingi muara, laut dan perairan yang luas menjadikan wilayah ini sebagai komoditas mencari ikan oleh masyarakat setempat.untuk menjangkau tempat ini sebelumnya kita harus menempuh jalur laut yang di sediakan oleh masyarakat setempat bisa dari sasak ataupun dari sikilang.Di sini kita bisa berwisata yang berbagai macam jenis dan bentunya mulai dari menikmati pemandangan birunya laut luas ,banayknya pohon-pohon kelapa yang yang menjulang tinggi menjadikan daerah ini terkenal dengan karambianya (kelapa) sampai dapat juga membeli ikan hasil tangkapan nelayan.
    Pantai yang berada di Nagari sasak ,kecamatan sasak ranah pasisie kabupaten Pasaman Barat ini juga terkenal dengan hutan bakaunya yang hijau melelapkan mata bagi orang yang berwisata ke sini.

    13.    Samburan Botung , Kecamatan Sungai Aua

    sesuai dengan nama kecamatannya sendiri Sungai aua pasti juga di daerah ini banyak terdapat sungai baik yang kecil ataupun yang besar.begitu juga yang satu ini samburan botung ,akhir-akhir ini tempat ini lagi viral-vralnya dan di jadikan sebagai tempat yang hits untuk di kujungi oleh setiap orang terutama masyarakat yang tidak jauh tempat tingglnya. Hal yang melatar belakanginya adalah sungainya yang bersih,airnya yang sejuk dan pohon-pohonnya yang hijau. Untuk menjangkau wilayah ini kuarang lebih 20 menit dari ujung gading dan 40 dari pusat kota Pasaman Barat .

    14.    Air Terjun Simpang Panco

     

    Wisata di Pasaman Barat selanjutnya yaitu Air Terjun Simpang Panco. Air terjun ini terletak di Kecamatan kinali. Air terjun ini sebenarnya memiliki potensi wisata yang baik. Namun dikarenakan akses menuju air terjun ini masih terlalu rumit menyebabkan air terjun ini belum efektif di manfaatkan sebagai tempat wisata oleh pemenrintah. Namun pada saat waktu libur tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat setempat.

    14.    Ikan larangan Lubuak Landua
     
    Ikan  larangan Lubuak Landua Kecamatan Pasaman terletak + 10 Km dari pusat kota Simpang Ampek. Ikan larangan tersebut dipercaya masyarakat setempat tidak boleh ditangkap dan dikonsumsi karena dapat dampak pada diri orang yang mengkonsumsinya  perut membesar.

    Ikan larangan Lubuak Landua  terdiri dari jenis Gariang yaitu sejenis ikan yang suka hidup di air deras dengan bentuk tubuh panjang hampir mirip dengan ikan bandeng yang ada dilaut jawa.  
    Lokasi Ikan larangan Lubuak Landua sering dikunjungi oleh wisata local terutama pada libur. Wisatawan yang dating bisa mandi-mandi sambil memberi makan ikan Gariang, Makan ikan berupa jagung, kacang rebus  dan roti banyak tersedia disekitar lokasi. Dengan membeli 2 (dua) bungkus jagung seharga Rp. 2000,- , anda akan puas melihat ikan-ikan saling berlomba memperebutkan makanannya.

    Di lokasi ikan larangan tersebut juga terdapat Surau yang dibangun oleh Syech Lubuak Landua (Syech Muhammad Basyir).  Surau tersebut diperkirakan berumur lebih dari 100 Tahun. 
    # JN-003 | Rakyatsumbarnews/lia

    No comments

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728