Header Ads

  • Breaking News

    CPJ : Jurnalis Tewas Saat Bertugas Meningkat

    Jelajahnews.com, WASHINGTON - - - Jurnalis dihadapkan dengan bahaya yang berkembang karena tugas sepanjang 2018 meskipun risiko perang dan konflik berkurang, pengamat media mengatakan hari ini.

    Komite Pelindung Jurnalis (CPJ) mengatakan 34 wartawan tewas ketika bertugas di seluruh dunia digambarkan sebagai pembunuhan.

    "Jumlah jurnalis yang menjadi sasaran pembunuhan adalah karena laporan mereka bertambah dua kali lipat pada 2018 dibandingkan tahun lalu, meningkatkan jumlah jurnalis yang tewas saat bertugas," kata laporan kelompok pengamat yang berbasis di New York.

    Laporan ini sejalan dengan laporan yang dikeluarkan oleh Journalist Without Borders yang berbasis di Paris, yang menemukan bahwa 80 wartawan tewas menggunakan metodologi, blogger, wartawan dan pekerja media.

    Kedua laporan tersebut mengutip peningkatan yang semakin mengkhawatirkan terhadap jurnalis, mengenai apa yang CPJ sebut sebagai 'pemalu' yang melibatkan kolumnis Washington Post, Jamal Khashoggi di konsulat Arab Saudi di Istanbul.

    CPJ's Lapoaran mengungkapkan jumlah total wartawan yang tewas selama tugas yang lebih tinggi dalam tiga tahun, sementara jumlah yang tewas selama konflik menurun sejak 2011.
    #   AFP

    No comments

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728