Header Ads

  • Breaking News

    Pemko Optimalkan Pembangunan Daerah, Pelayanan Publik dan Potensi Kota Padang

    Pemko%2BOptimalkan%2BPembangunan%2BDaerah%252C%2BPelayanan%2BPublik%2Bdan%2BPotensi%2BKota%2BPadang

    Jelajahnews.com | Padang(SUMBAR)- Dalam upaya mempercepat proses pembangunan diperlukan strategi yang tepat dalam rangka memanfaatkan potensi daerah secara maksimal. Sehingga sumberdaya yang dimiliki dapat berdaya guna dan berhasil guna.

    Sebagaimana salah satu strategi yang dapat digunakan oleh pemerintah daerah adalah kerjasama dengan berbagai pihak yang didasarkan pada pertimbangan efisiensi dan efektifitas serta sinergis dan saling menguntungkan.

    "Dengan kerjasama daerah, diharapkan dapat lebih memantapkan hubungan dan keterikatan daerah yang satu dengan daerah yang lain. Lalu menyerasikan pembangunan daerah, mensinergikan potensi antar daerah atau dengan pihak lain serta meningkatkan pertukaran pengetahuan teknologi dan kapasitas fisikal.

    Hal itu disampaikan Wali Kota Padang Mahyeldi dalam arahannya sewaktu membuka Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Pelaksana Kerjasama Daerah di lingkungan Pemerintah Kota Padang di Hotel Pangeran Beach, Rabu (13/3).

    Mahyeldi melanjutkan, di bidang kerjasama luar negeri, Kota Padang sudah membulatkan tekad menjadi "Kota Internasional" yang salah satu artinya adalah memiliki mitra kerjasama yang luas dengan negara-negara di dunia internasional.

    "Dan hal itu sudah kita tunjukkan dengan menjalin kerjasama sister city (kota kembar-red) dengan berbagai daerah di berbagai negara. Seperti salah satu diantaranya dengan Hildesheim Jerman, Fremantle Australia, Ba Ria Vung Tau Vietnam dan juga Suzhou RRC," ujar wako.

    Lebih lanjut diungkapkan, dalam proses administrasi saat ini adalah kerjasama dengan Chennai India, Madinah Arab Saudi, Kayseri Turki dan Wellington Selandia Baru. Kota Padang juga sudah menjadi anggota UCLG-ASPAC (United Cities and Local Government Asia Pasific) sejak tahun lalu.

    " Semua ini kita lakukan adalah untuk mempromosikan Kota Padang dengan segenap potensi sumber daya ke dunia internasional di samping transfer ilmu dan pengalaman serta hal positif lainnya. Untuk itu, melalui Bimtek ini diharapkan semua peserta dapat menyerap materi yang disampaikan narasumber. Sehingga berujung pada peningkatan kinerja Pemko Padang yang bermuara untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Padang," tukuk wali kota.

    Kepala Bagian Kerjasama Setda Kota Padang Erwin. M menyebut tujuan digelarnya Bimtek ini antara lain untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan dan keterampilan seluruh ASN yang membidangi urusan kerjasama pada setiap OPD dalam lingkungan Pemko Padang.

    "Selanjutnya untuk memperjelas prosedur dan tahapan yang dapat memberikan kepastian pada calon mitra kerjasama oleh tiap-tiap ASN yang mendapatkan Bimbingan Teknis. Kemudian juga untuk meningkatkan kesiapan Kota Padang melakukan kerjasama daerah dengan berbagai pihak," terangnya.

    Setelah mengikuti Bimtek jelas Erwin lagi, para peserta Bimtek tentunya diharapkan menjadi ujung tombak pelaksanaan kerjasama Pemko Padang yang sejalan dengan tema Bimtek yakni "Melalui Peningkatan Kapasitas Pelaksana Kerjasama Daerah Kita Optimalkan Pembangunan Daerah, Pelayanan Publik dan Potensi Kota Padang".

    "Semoga segala sesuatunya berjalan dengan lancar dan sukses," harapnya.

    Adapun tambahnya, Bimtek ini dilangsungkan selama Rabu dan Kamis (13-14/3) dengan diikuti peserta perwakilan setiap OPD di lingkup Pemko Padang. Untuk narasumber menghadirkan dari Pusat Fasilitasi Kerjasama dan Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah Kemendagri serta Biro Kerjasama dan Rantau Provinsi Sumatera Barat. 



    # JN-003 | Humas/David

    No comments

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728