Header Ads

  • Breaking News

    Wakili Wako, Jamilus: UKS Miliki Manfaat Yang Besar Di Lingkungan Sekolah

    Wakili%2BWako%252C%2BJamilus-%2BUKS%2BMiliki%2BManfaat%2BYang%2BBesar%2BDi%2BLingkungan%2BSekolah

    Jelajahnews.com | Padang(SUMBAR)- Masih banyaknya sekolah – sekolah yang keliru dalam mencerna Usaha Kesehatan Sekolah/ Madrasah (UKS/M). Mereka menganggap UKS hanya sebagai syarat dalam berdirinya sebuah proses pendidikan atau mungkin hanya sebagai tempat yang dianggap tidak penting, ketinggalan zaman, kuno dan sebagainya.

    Ada juga beberapa sekolah yang memiliki UKS/M yang berjalan dengan baik, tetapi banyak juga sekolah yang tidak melaksanakannya atau hanya sekedar formalitas belaka.

    Hal itu dikatakan Kabag. Kesra Jamilus mewakili Wali Kota Padang saat membuka kegiatan penguatan UKS bagi dokter kecil dan kader kesehatan remaja UKS Se-Kota Padang Kyriad Hotel Bumi Minang Padang, Senin (4/3).

    Lebih jauh dikatakan Jamilus, UKS/M bagaikan sesuatu yang kecil, namun memiliki manfaat yang besar.

    “Walaupun UKSM adalah suatu wadah yang sangat lah sederhana, UKS/M bisa menolong meningkatkan kesehatan warga sekolah di lingkungan sekolah,” terang Jamilus.

    Selanjutnya Jamilus menyebutkan, adek-adek yang ditunjuk sebagai Tim pelaksana UKS di sekolah merupakan siswa yang ditunjuk untuk melaksanakan program UKS/M di sekolah yang perlu terus ditingkatkan kreativitas dan kerja kerasnya terus menerus hingga tercipta siswa yang sehat, sekolah yang berkualitas serta diharapkan dapat meningkatkan prestasi siswa.

    “Melalui penguatan Tim pelaksana UKS/M ini, kita mantapkan pelaksanaan program UKS/M di masa mendatang, sehingga tercipta siswa/siswi yang sehat dan sekolah yang berkualitas di Kota Padang,”sebut Jamilus.

    Sementara itu panitia pelaksana kegiatan Agustina menyampaikan, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman kepada anak didik pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat, menciptakan kader-kader UKS sebegai penggerak hidup sehat dan mewujudkan generasi yang mempunyai daya tangkal terhadap pengaruh perilaku dan budaya buruk di lingkungan sekitarnya.

    Kegiatan penguatan Tim pelaksana UKS Tahun 2019 ini dilaksanakan selama 2 hari, dri Tanggal 4 – 5 Maret 2019. Peserta yang ikut dalam kegiatan ini sebanyak 100 orang yang terdiri dari utusan dokter kecil dan kader kesehatan remaja dari beberapa sekolah yang ada di Kota Padang. Utusan dokcil dari tingkat jenjang pendidikan SD, utusan jader kesehatan remaja dari SMP dan SMA.

    Sedangkan nara sumber kegiatan penguatan Tim pelaksana UKS tahun 1440 H/ 2019 M antara lain Kadis Pendidikan Provinsi Sumbar, Kabag Kesra Kota Padang, Ruandu Foundation LSM yang bergerak di bidang perlindungan anak, serta Tim fasilitator out bound.

    “Mudah – mudahan kegiatan ini berjalan sesuai dengan yang diharapkan, dan bermanfaat bagi pengembangan kesehatan sehari-hari, baik dirumah, di sekolah maupun di masyarakat,” tutur Agustina yang juga Kasubag Pendidikan dan Kebudayaan di Bagian Kesra. 



    # JN-003 | Humas/VN

    No comments

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728