Header Ads

  • Breaking News

    Raker Kesda 2019, Kota Padang Bahas Percepatan Pencapaian Target Bidang Kesehatan

    Raker%2BKesda%2B2019%252C%2BKota%2BPadang%2BBahas%2BPercepatan%2BPencapaian%2BTarget%2BBidang%2BKesehatan.

    Jelajahnews.com | Tanah Datar(SUMBAR)- Memasuki tahun terakhir pelakasanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Pemerintah Kota Padang harus berlari kencang mencapai target. Khusus pencapaian target bidang kesehatan akan dilakukan percepatan melalui komitmen yang dihasilkan dari Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Raker Kesda).

    Melalui Raker Kesda 2019 ini diharapkan dapat menghasilkan sebuah komitmen dalam pelaksanaan Rencana Aksi Daerah sebagai strategi percepatan pencapaian standar pelayanan minimal bidang kesehatan, kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang dr. Ferimulyani Hamid, M. Biomed saat mewakili Walikota Padang membuka Rakerkesda Kota Padang di Hotel Emersia, Batusangkar, Rabu (10/4/2019).

    Dalam sambutan tertulis Walikota Padang yang dibacakan Kadinkes disebutkan, Pemerintah Kota Padang akan melakukan evaluasi terhadap pencapaian target bidang kesehatan. Dalam hal ini tidak terlepas dari kontribusi Dinas Kesehatan selaku Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terkait langsung.

    Dinas Kesehatan merupakan OPD yang berkontribusi terhadap pencapaian RPJMD pada misi kesejahteraan masyarakat dengan indikator tujuan meningkatnya umur harapan hidup masyarakat, terang Ferimulyani.

    Pada tahun 2018, kata Ferimulyani, UHH masyakat Kota Padang ada pada angka 73,20 dari target 73,18. Ke depan yang menjadi target adalah UHH sehat yang secara nasional 61 untuk perempuan dan 60 untuk laki-laki. Artinya, dengan UHH 73, maka 12 tahun dari umur masyarakat dalam kondisi sakit.

    Hal ini dapat diatasi dengan total coverage, yaitu masyarakat yang sakit bisa mendapat pelayanan kesehatan secara paripurna. Ini juga berdampak pada APBD untuk Jaminan Kesehatan Nasional, ujarnya.

    Untuk itu, lanjut Ferimulyani, diskusi terkait isu-isu penting permasalahan kesehatan pada momentum Raker Kesda ini harus fokus dibahas. Pembahasan itu diharapkan menemukan langkah strategis untuk penyelesaian masalah dalam rangka mewujudkan cakupan kesehatan semesta yang menjadi tema raker kesehatan dari pusat hingga daerah.

    Cakupan kesehatan semesta dapat tercapai apabila masyarakat telah menjadi peserta JKN dan seluruh penduduk telah memiliki akses terhadap layanan kesehatan yang komprehensif dan bermutu tanpa terkendala,; pungkasnya.

    Dalam laporan Kadinkes Kota Padang, kegiatan Rakerkesda ini dilaksanakan mulai Selasa (9/4) hingga Kamis (11/4). Peserta terdiri dari pejabat struktural Dinkes, Kepala Puskesmas dan lintas sektor terkait se-Kota Padang. 



    # JN-003 | Humas/tf/yz

    No comments

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728