Header Ads

  • Breaking News

    Wako Mahyeldi Bahagia Hadirnya Masjid Dibangun Oleh Keluarga Hasan Basri Durin

    Wako%2BMahyeldi%2BBahagia%2BHadirnya%2BMasjid%2BDibangun%2BOleh%2BKeluarga%2BHasan%2BBasri%2BDurin

    Jelajahnews.com | Padang(SUMBAR)- Wali Kota Padang H. Mahyeldi Ansharullah menyambut baik dengan terus bertambahnya jumlah masjid/musala di Kota Padang. Seperti kali ini telah berdirinya Masjid Al Hidayah yang berada di jl Purus I No.8 A Padang, Kecamatan Padang Barat.

    Masjid yang terletak tidak jauh dari objek wisata Pantai Padang itu pun dibangun oleh keluarga besar almarhum Hasan Basri Durin, Wali Kota Padang dua periode dari tahun 1973 hingga tahun 1983 serta juga pernah menjadi Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) dari tahun 1987 sampai 1997 sekaligus Menteri Negara Agraria RI.

    Peresmian masjid tersebut dilangsungkan Rabu (1/5) pagi dengan dihadiri Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumbar Alwis, keluarga besar H. Hasan Basri Durin Hj. Zuraida Hasan Basri Durin, H. Weno Aulia Durin. Selanjutnya para mantan Wali Kota Padang H. Syahrul Udjud, H. Fauzi Bahar, unsur Kakanwil Kemenag Sumbar serta elemen masyarakat setempat.

    Wali Kota Mahyeldi dalam sambutannya menyampaikan, dengan hadirnya masjid ini tentu menjadi suatu hal yang menggembirakan, karena telah bertambahnya masjid di Kota Padang khususnya di Kelurahan Purus. Sehingga diharapkan, semakin menggemanya syiar islam di kawasan tersebut.

    “Semoga, masjid ini dapat dimanfaatkan masyarakat setempat sesuai fungsi dan kegunaannya. Karena di samping untuk tempat beribadah, masjid juga bisa menjadi wadah dalam pembinaan kehidupan masyarakat, pembinaan akhlak bagi generasi muda termasuk upaya peningkatan ekonomi jamaah dan warga setempat,” sebut wako.

    Menurut Mahyeldi, dalam membenahi moral masyarakat, memang satu-satunya hanya melalui jalan agama. Maka untuk itu, Pemerintah Kota Padang akan terus memberikan dorongan seperti menambah jumlah masjid di Kota Padang. Apalagi sesuai filosofi di ranah minang, yakni Adat Basandi Syara’-Syara Basandi Kitabullah (ABS-SBK).

    “Untuk itu, marilah kita semua satukan tekad dan bergandengan tangan, wujudkan Kota Padang yang lebih baik dan terjaga dari hal-hal negatif tentunya. Semoga, kita yang kita cintai ini dapat senantiasa kondusif dan semua masyarakatnya berakhlak mulia. Oleh karena itu, atas nama Pemerintah Kota Padang kami mengucapkan terima kasih kepada keluarga almarhum bapak H. Hasan Basri Durin yang telah mewakafkan sebahagian tanah miliknya untuk pembangunan Masjid Al Hidayah ini. Semoga bernilai ibadah dan amal yang terus mengalir bagi almarhum dan keluarga,” serunya.

    Lebih lanjut walikota yang juga seorang da’i itu juga membeberkan niatan Pemerintah Kota Padang yang tengah gencarnya mengupayakan pendirian masjid/musala di Kota Padang termasuk di kawasan objek wisata. Dalam hal ini ternyata ikut dibantu para donatur bahkan dari perseorangan baik yang ada di ranah dan di perantauan.

    “Alhamdulillah, saat ini sedang berlangsung pembangunan masjid di kawasan Muaro yang sebentar lagi rampung oleh satu orang donatur. Kemudian begitu juga di objek wisata Pantai Air Manis, serta baru-baru ini di samping Hotel Pangeran Beach yang dibangun oleh keluarga besar owner Rumah Makan Lamun Ombak. Insya Allah, ada dua masjid lagi yang akan dibangun di kawasan Pantai Padang. Semoga upaya ini semakin meningkatkan kieimanan dan ketakwaan kita kepada Allah Swt sekaligus juga mendukung Kota Padang sebagai destinasi wisata halal,” imbuh Mahyeldi lagi.

    Sementara itu, Hj. Zuraida istri alamrhum H. Hasan Basri Durin menyampaikan ribuan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung, sehingga terwujudnya pembangunan Masjid Al Hidayah. Masjid ini dibangun dalam jangka waktu kurun 4 bulan dengan luas 500 m2.

    “Kita berharap jamaah dan warga Purus I khususnya dapat memanfaatkan dan memakmurkan masjid ini untuk digunakan sebagaimana mestinya. Masjid ini alhamdulillah merupakan wasiat dari almarhum H. Hasan Basri Durin sebelum meninggal dunia. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih kepada kita semua, semoga pengurus masjid dan jamaah serta lainnya dapat memanfaatkannya untuk jalan kebaikan,” tukasnya.

    Peresmian Masjid Al Hidayah tersebut ditandai dengan pembukaan selubung nama oleh Wali Kota Padang H. Mahyeldi Ansharullah bersama Hj. Zuraida Basri Durin dan keluarga yang disaksikan tamu undangan. 



    # JN-003 | Humas / David

    No comments

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728