• Breaking News

    Wakapolda Sumbar Kukuhkan Kepemgurusan Pokdarkantibmas Wilayah VII


    Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Edi Mardianto, S.I.K, MSi melantik Pokdarkamtibmas wilayah VII pada Rabu (30/09/2020) di Rocky Hotel Padang Sumatera Barat.


    Wilayah pengkuhan terdiri dari Pokdarkamtibmas Kota Padang, dan Kabupaten Kepulauan Mentawai.

    Mengingat saat ini kita dihadapkan pada persoalan pandemik Covid-19, maka pelaksanaan pengukuhan Pokdarkamtibmas tetap mematuhi protokol kesehatan.

    Turut hadir Pejabat Utama Polda Sumbar Dirbinmas Polda Sumbar, Bidhumas Polda Sumbar, Bupati Kepulauan Mentawai, Sekda kota Padang, Kapolres Kabupaten Kepulauan Mentawai, Kapolres Kota Padang, Forkopimda Kabupaten Kepulauan Mentawai dan Kota Padang, Ketua Pokdarkamtibmas Provinsi, Alim Ulama, Cadiak Pandai, Tokoh Masyarakat, dan tamu undangan Lainnya.

    Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Edi Mardianto, S.I.K, MSi "menyampaikan sejalan dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, maka saatnya masyarakat, pemerintah, pemangku kepentingan lainnya untuk melakukan upaya-upaya penangkalan, pencegahan dan penanggulangan ancaman dan gangguan Kamtibmas dengan bentuk kerjasama maka terbentuk lah forum kemitraan yang disebut Pokdarkamtibmas", katanya.

    Tujuan terbentuknya Pokdarkamtibmas adalah dengan harapan masyarakat dapat memanfaatkan keberadaanya terutama dalam hal pemecahan masalah, mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama mengidentifikasi dan mencari solusi dengan prinsip ADR yang berbasis kearifan lokal", ungkapnya.

    "Selain itu Pokdarkamtibmas dapat memberikan bimbingan dengan penyuluhan kepada masyarakat tentang masalah ganguan Kriminalitas maupun gangguan lainya", teranganya.

    "Selanjutnya kepada Kapolres dan Kapolsek saya perintahkan setelah acara ini untuk segera mengukuhkan Pokdarkamtibmas tingkat Kecamatan, Lurah/Wali Nagari", tegasnya.

    Selain itu Kapolda Sumbar juga berpesan kepada seluruh pengurus Pokdarkamtibmas untuk :
    1. Jalankan forum rembuk sesuai dengan AD/ART.
    2. Kibarkan Pataka forum rembuk keseluruh daerah Sumatera Barat.
    3. Bagun koordinasi yang baik dengan stakeholder
    4. Berperan aktif dalam mendukung kebijakan pemerintah daerah Sumatera Barat sesuai amanat dan konstitusi.
    5. Jaga nama baik forum rembuk dan nama baik institusi Polri dimana pun berada.

    Dr. Akmal,SE, M.Si selaku ketua Pokdarkamtibmas kota Padang mengucapkan terima kasih atas dikukuhkannya Pokdarkamtibmas Kabupaten Kota Padang dan Kepulauan Mentawai, semoga setelah pengukuhan ini kita dapat melaksanakan tugas Pokdarkamtibmas dengan baik", ucapnya. 

    "Tugas dan fungsi Pokdarkamtibmas terwujudnya Pokdarkamtibmas yang profesional, modren, bermoral dan terpecaya, serta mengajak masyarakat untuk bersama-sama dalam memelihara Kamtibmas dengan cara mencegah maupun menyelesaikan masalah bersama Polri dan Stakeholder lainya", jelasnya.

    "Pokdarkamtibmas bertugas menyelesaikan masalah mulai dari tingkat kelurahan dengan mengutamakan kearifan lokal", lanjutnya.

    "Kami berharap bisa menyelesaikan tugas dengan cepat tanggap tentu masih berkeordinasi dengan pihak kepolisian", terangnya.

    Yudas Sabaggalet, SE, MM selaku Bupati Kepulauan Mentawai selaku 
    Menyampaikan selamat kepada pokdarkamtibmas yang baru saja dilantik baik itu kota Padang, maupun Kepulauan Mentawai", ucapnya.

    Terbetuknya Pokdarkamtibmas ini merupakan stretegi yang baik bisa terjun langsung ke masyarakat untuk menyadarkan masyarakat akan kesalahan, yang dilarang oleh undang-undang dan tentu mengutamakan kearifan lokal", jelasnya.

    "Untuk itu mari kita bersama-sama menyelesaikan masalah yang terjadi ditengah-tengah masyarakat terutama masalah Covid yang kita hadapi sekarang ini", lanjutnya.

    "Kepada Pokdarkamtibmas yang sudah dilantik selamat bertugas, lakukan lah tugas sebaik-baiknya sebagai perpanjangan tangan dari tugas Polri dalam menertibkan masyarakat", tegasnya.

    Yel-yel Pokdarkamtibmas..

    Siapa kita...?
    Pokdarkamtibmas
    Apa tugas kita...?
    Penyelesaiaan Masalah
    Apa slogan kita..?
    Elok-elok sajo.

    (R)

    No comments

    Post Bottom Ad

    "BOFET HARAPAN PERI"