• Breaking News

    Kanwil Kemenag Sumbar Salurkan 840 Juta Batuan

     


    Padang, Humas --  Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat H.Hendri bagikan 239 paket bantuan untuk siswa/i MAN dengan nilai masing-masing 1 juta rupiah, 188 paket bantuan dengan nilai masing-masing 500rb rupiah. 85 paket bantuan untuk anak yatim di lingkungan Kanwil Kemenag Sumbar masing-masing 1 juta rupiah dan 31 paket bantuan untuk tenaga honorer Kanwil Kemenag Sumbar dengan nilai masing-masing 500rb, Senin (10/5) di Aula Amal Bhakti I.



    Bantuan diserahkan langsung Kakanwil Kemenag Sumbar didampingi Kabag TU seluruh Kabid dan Kasi kepada masing-masing perwakilan penerima. Untuk MAN, diserahkan kepada Kepala MAN masing-masing Kab/Kota. Untuk Tenaga Honorer Kanwil, diserahkan kepada beberapa orang perwakilan dan untuk ormas diterima pengurus terkait.


    Dalam arahannya setelah penyerahan bantuan, Kakanwil samapaikan bahwa penyaluran bantuan tersebut merupakan bagian dari mewujudkan Visi Kemenag RI yang baru (2020-2024) yaitu Kementerian Agama yang profesional dan handal dalam membangun masyarakat yang shaleh, moderat, cerdas dan unggul untuk mewujudkan Indonesia Maju yang berdaulat, mandiri, berkepribadian berdasarkan gotong royong.


    Konkritnya, Kemenag genjot kualitas Madrasah sehingga mampu menjawab tantang zaman demi mencapai Madrasah Hebat Bermartabat dengan meningkatkan kualitas SDM guru, kualitas peserta didik dan menerapkan kurikulum yang terintegrasi dan korelasi dengan situasi saat ini serta meningkatkan sarana prasarana madrasah.


    Kakanwil mengaku hingga saat ini, Kemenag Sumbar telah banyak menerima kucuran dana dalam meningkatkan sarpras madrasah dalam bentuk dana SBSN dari Pemerintah Pusat demi menyokong kemajuan Madrasah secara utuh.


    “Untuk itu, kita lengkapi peningkatan SDM di Madrasah tersebut dengan ikut menyalurkan bantuan bagi warga kita yang membutuhkan,” jelasnya.


    Ia mengatakan Kemenag juga menghargai peran ormas islam ditengah-tengah umat. Peran penting ormas dan majlis taklim tidak bisa dipungkiri saat ini. Oleh karena itu, Kakanwil juga menyalurkan sedikit bantuan operasional kepada ormas yang telah terverifikasi agar tetap memberikan kontribusi positifnya kepada umat khususnya Sumbar.


    “Begitulah upaya-upaya Kemenag dalam membangun Sumbar kedepan. Andil dalam membuat Sumbar lebih maju dan berdaulat sesuai dengan Visi Kemenag serta filosofi Adat Basandi Sarak Sarak Basandi Kitabullah,” ulasnya lagi.


    “Semoga bantuan ini bermanfaat untuk bapak ibuk yang menerima dan memberi. Dan semoga tidak dilihat dari jumlah yang dikucurkan, tapi lihatlah niat kita untuk saling bersinergi dalam membangun negeri. Saya yakin kita bisa mambangkik batang tarandam. Membangun masyarakat Sumbar yang cerdas, unggul dan mumpuni,” tutupnya


    H Irwan Kabag TU sekaligus Plt Kabid Penaiszawa menyampaikan bahwa bantuan tersebut berasal dari akumulasi zakat ASN Kemenag Sumbar dan DIPA Kanwil Kemenag Sumbar yang menyasar siswa/i Madrasah Aliyah, Tenaga Honorer pada Madrasah Aliyah, Tenaga Honorer di lingkungan Kanwil Kemenag Sumbar dan Ormas Islam serta Majelis Taklim dan Badan Wakaf Indonesia yang telah lulus verifikasi.


    Mengenai bantuan untuk ormas islam, Plt. Kabid membeberkan ada lima organisasi islam dan lima majelis taklim di Sumbar. PW. NU Prov Sumbar, PW Muhammadiyah Prov. Sumbar, PW Anshor Prov. Sumbar dan PD Tarbiyah Islamiyah Prov. Sumbar merupakan ormas penerima bantuan yang telah lolos tahapan verifikasi dengan nilai bantuan 50 juta.


    “Bantuan 10 juta rupiah masing-masing untuk Majlis Taklim Kab. Agam, Kota Padang, Bukittinggi, Kota Solok dan Prov. Sumbar. Sedangkan untuk BWI menerima bantuan senilai 100 juta rupiah yang diterima langsung Ketua BWI Sumbar,” ungkapnya.


    “Untuk ormas dan majelis taklim serta BWI kita telah lakukan verifikasi sesuai aturan yang berlaku karena anggaran yang digunakan berasal dari DIPA Kanwil Kemenag Sumbar. Jadi total bantuan kita semuanya kurang lebih 840 juta rupiah dan seluruhnya sesuai prosedur yang sebagaimana mestinya,” tuturnya.


    “Seluruh kegiatan ini merupakan penyempurnaan syiar Ramadan atau Semarak Ramadan yang telah dilaksanakan Kanwil Kemenag Sumbar dan jajaran sesuai arahan bapak Kepala Kantor,” tukuk Irwan.

    No comments

    Post Bottom Ad

    Bofet Harapan Peri