• Breaking News

    Fakultas Ekonomi UNP Kembali Sukses Selenggarakan Seminar Internasional

     


    Padang-- Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Padang (UNP) pada tanggal 13 November 2021 kembali sukses menyelenggarakan Seminar Internasional bertajuk 8th Padang International Conference on Economics, Education, Business and Accounting (8th PICEEBA). Pertemuan ilmiah ini rutin dilaksanakan oleh FE UNP sebanyak dua kali dalam setahun semenjak tahun 2018. Pada seminar internasional ini, PICEEBA mengangkat tema “Rethinking of Innovation and Competitiveness in Economics, Business, and Education in The Post pandemic Era: Challenges and Opportunities”. 

    Sebagaimana tiga edisi PICEEBA sebelumnya, PICEEBA ke-delapan juga diselenggarakan secara virtual melalui media Zoom dan Youtube Live Streaming dikarenakan pandemi COVID-19. Namun demikian, kondisi ini tidak mengurangi antusiasme para peserta seminar internasional tersebut.  Tercatat sebanyak lebih dari 500 peneliti dan mahasiswa dari berbagai universitas yang hadir mengikuti pemaparan dan diskusi ilmiah. 

    8th PICEEBA dibuka oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik Associate Prof. Dr. Refnaldi, M.Litt. Dalam sambutannya, WR I UNP menyampaikan bahwa tema yang diangkat PICEEBA sangat tepat untuk kondisi ekonomi dan bisnis saat ini. Perubahan yang disebabkan kemajuan tekologi, serta di dorong oleh pandemi, membutuhkan inovasi dan perubahan dari para pelaku ekonomi dan bisnis. Inovasi membutuhkan individu yang memiliki pengetahuan yang luas, dan untuk itu diperlukan pemikiran-pemikiran dan sudut pandang baru dari para akademisi. Ia juga menyoroti dampak-dampak tidak terduga yang muncul dari pandemi COVID-19 terhadap dunia bisnis, baik usaha besar maupun kecil. Musibah global tersebut secara cepat mengubah tatanan bisnis yang mapan menjadi tatanan baru yang penuh dengan ketidakpastian. Namun dibalik itu semua, muncul peluang bagi pelaku bisnis yang memiliki respon cepat serta punya strategi inovasi dan mitigasi resiko (risk management) yang baik. Oleh karena itu, pertemuan ilmiah ini merupakan kesempatan untuk saling bertukar pikiran bagi para akademisi, terutama dalam menyampaikan hasil penelitiannya, serta membangun jaringan akademis.

    Selanjutnya WRI mengapresiasi konsistensi FE UNP dalam menyelenggarakan PICEEBA yang hingga saat ini sudah yang ke delapan kalinya. Ia juga berterimakasih atas kerja keras Dekan Fakultas Ekonomi UNP serta Panitia penyelenggara yang telah menyelenggarakan 8th PICEEBA. 

    8th PICEEBA 2021 ini menghadirkan empat orang keynote speakers dari berbagai Universitas terkemuka dunia yaitu Assoc. Prof. Dr. Salut Muhidin dari Macquire University (Australia), Assoc. Prof. Dr. Mohammed Elmarghi dari Swansea University (Inggris), Assoc. Prof. Tatsuya Kusakabe, Ph.D dari Hiroshima University (Jepang), dan Assist. Prof. Abror, Ph.D dari Universitas Negeri Padang (Indonesia). 

    Selain pemaparan dari para keynote speakers, sesi kedua yang dilaksanakan siang hari juga terdapat presentasi dan diskusi sebanyak 112 artikel ilmiah yang merupakan hasil penelitian dari para peneliti dari seluruh Indonesia. Sebagaimana PICEEBA sebelumnya, seluruh artikel yang telah melalui proses review akan di publikasikan pada prosiding internasional pada penerbit Atlantis Press yang terindeks pada Thomson Reuters Clarivate Analytics Web of Science, SINTA, dan Google Scholar.

    Kegiatan ini juga dihadiri oleh Dekan FE UNP Assoc. Prof. Dr. Idris, M.Si yang didampingi oleh Ketua Pelaksana 8th PICEEBA Assist. Prof. Dr. Friyatmi, S.Pd., M.Pd serta seluruh undangan yang terdiri dari para pimpinan Universitas, para Dekan di selingkungan UNP, sivitas akademika, serta para stakeholders FE UNP. (FE UNP/Humas UNP). 


    No comments

    Post Bottom Ad

    Bofet Harapan Peri