• Breaking News

    Nanda Satria Dipercayai Pimpin DPD KNPI Sumbar

     


    Nanda Satria terpilih secara aklamasi menjadi Ketua DPD KNPI Sumbar periode 2021-2024 menggantikan Fadly Amran pada Musdaprov KNPI Sumbar XV. 


    Usai terpilih, Nanda Satria mengatakan dirinya akan melakukan rapat prematur untuk menjaring kader terbaik KNPI termasuk OKP sebagai pengurus DPD KNPI Sumbar periode 2021-2024.


    Selanjutnya menjabarkan visi misi dalam rapat koordinasi bersama pengurus. Namun, Nanda menyatakan dirinya memiliki visi dan misi yang akan menjadikan dan mengembangkan DPD KNPI Sumbar lebih baik ke depan dengan menginisiasi berbagai program. 


    Seperti menginisiasi koperasi pemuda yang nanti akan bermitra dengan UMKM yang anggotanya KNPI Sumbar sendiri. KNPI kabupaten dan kota atau OKP bisa menjadi anggota. 


    “Kami juga akan lebih banyak melakukan kegiatan-kegiatan sosial ke depan, agar bisa bekerja sama dengan Pemprov, stakeholder terkait, maupun yang lain,” ujar Nanda, Ketua Pimpinan Wilayah Angkatan Muda Ka'bah Sumbar ini.


    Selain itu, pihaknya akan memperbanyak MoU dengan pihak-pihak lintas organisasi, baik nasional maupun internasional seperti Malaysia, Jepang, termasuk negara Asia lain dan Eropa. Dengan melibatkan AISEC Unand. “Membangun area kreatif pemuda di Kantor KNPI juga akan kita lakukan. Jadi nanti ada UMKM-UMKM yang bisa bekerja sama di kantor KNPI,” katanya.


    Selanjutnya, menginisiasi perpustakan pemuda untuk meningkatkan semangat literasi sehingga memunculkan ide-ide dan pergerakan yang akan memajukan organisasi dan daerah.  


    “Jadi Insya Allah akan kita bangun perpustakan pemuda di Kantor KNPI Sumbar. Akan kita hidupkan atmosfer literasi, termasuk melatih kawan-kawan menulis,” tutur tokoh muda asal Solok Selatan ini.


    Untuk itu Nanda berharap dukungan dari semua pihak agar KNPI Sumbar menjadi lebih baik ke depan.


    Sebelumnya, Ketua DPD KNPI Sumbar, Fadly Amran menegaskan Musdaprov ini jelas arah dan  eksistensinya. Apalagi dihadiri oleh seluruh DPC kabupaten dan kota di Sumbar. 


    “Saya sangat mengapresiasi pemerintah provinsi, sebelumnya Pak Irwan Prayitno, sekarang Pak Mahyeldi dan Pak Wagub Audy atas kepedulian terhadap kemajuan pemuda,” katanya dalam Musdaprov yang dihadiri perwakilan Danrem 032 Wirabraja, Kajati Sumbar, dan juga dihadiri Walikota Padang Hendri Septa, Bupati Sijunjung dan serta tokoh-tokoh organisasi kepemudaan di Sumbar.


    Dikatakan Fadly yang juga Ketua DPW Gebu Minang Sumbar itu, ada rentetan panjang panjang persiapan Musdaprov KNPI Sumbar, yang diawali dengan pelaksanaan Rapat Pimpinan Paripurna Daerah Provinsi (Rapimpurdaprov) di Kabupaten Kepulauan Mentawai hingga terlaksananya Musdaprov.


    Sementara Ketua Majelis Pemuda Indonesia (MPI) Sumbar, Defika Yufiandra menegaskan hampir pengurus seluruh OKP hadir dalam Musdaprov ini. “Inilah Musdaprov KNPI yang sah secara hukum. Surat dari DPP KNPI hanya satu yakni SK yang dikeluarkan oleh Ketua Umum Noer Fajrieansyah. Inilah yang paling sah. Jadi jangan sampai beda persepsi,” tuturnya.


    Ia menegaskan, menjadi ketua KNPI tidak hanya sebatas SK. Tapi butuh proses dan legitimasi serta harus jelas ranjinya. “Jadi, kita minta rekan-rekan OKP harus paham, bahwa hanya DPD KNPI yang dipimpin Fadly Amran atau penerusnya yang jelas ranjinya dan legitimate. Tidak bisa, tanpa ranji lalu tiba- tiba jadi ketua,” kata Defika yang meminta para bupati dan walikota untuk tidak mengakomodir KNPI yang tidak jelas ranjinya.


    Ketua panitia pelaksana Musdaprov, Denis menyampaikan kegiatan itu dilaksanakan sesuai Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) KNPI. (***)


    No comments

    Post Bottom Ad

    Bofet Harapan Peri