• Breaking News

    ROADSHOW ETNIS BUDAYA BATAK DANAU TOBA

     


    Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Provinsi Aceh melanjutkan rangkaian roadshow sendratastik bertajuk "warna Danau" di Padang Convention Center, Hotel Truntum Padang pada hari Senin 22 November 2021. Padang menjadi kota ketiga pertunjukan warna danau setelah sebelumnya ditampilkan di Balige, Sumatera Utara dan Jakarta. Mengusung tema "Bersama Merayakan Keberagaman Budaya", Warna Danau akan dipentaskan di empat kota di Indonesia, yaitu Balige, Jakarta, Padang, dan terakhir di Medan. Kegiatan yang diselenggarakan oleh BPNB Aceh ini merupakan bentuk pendukungan Destinasi Pariwisata Super Prioritas di Kawasan Danau Toba.


    Roadshow ini mengangkat potensi keberagaman budaya di kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas Danau Toba yang "diramu" menjadi sebuah seni pertunjukan sendratari. Melalui pertunjukkan ini penonton akan disuguhkan infromasi tentang beberapa Warisan Budaya Tak Benda asal 4 puak di sekitar Danau Toba yang telah menjadi Warisan Budaya Nasional Indonesia.


    Pelaksana tugas Kepala BPNB Provinsi Aceh, Drs. Nurmatias mengatakan, bahwa proses kegiatan ini sudah dimulai sejak bulan Juni 2021 oleh Kepala BPNB Provinsi Aceh sebelumnya, Irini Dewi Wanti, S. S, M.SP. yang kini bertugas sebagai Direktur Pelindungan Kebudayaan di Dirjen Kebudayaan Kemdikbudristek, dan dilanjutkan olehnya sejak September 2021.


    "Kegiatan ini sengaja dirancang sebagai bentuk dukungan terhadap program besar pemerintah yaitu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pariwisata di Indonesia", ucap Nurmatias.


    la juga menambahkan, Sebanyak 20 orang pemain dari sanggar-sanggar yang tersebar di Kawasan Danau Toba diseleksi dan dilatih untuk menampilkan sendratari Warna Danau. Peserta dibimbing langsung oleh Thompson HS, seorang Maestro Opera Batak, penerima Anugerah Kebudayaan dari Kemendikbud RI pada 2016.


    Warna Danau diracik oleh Thompson Hs sebagai penulis naskah dan sutradara,Ikhwan sebagai show director, Octavianus Matondang sebagai penata musik, dan koordinator pemain, Hilal sebagai asisten sutradara dan stage manager, Sultan Saragih sebagai asisten sutradara, pelakon, dan pemain pencak silat, Agung Prabowo sebagai koreografer, penata rias,dan penari, , Perri Sagala sebagai koreografer, penari, penata rias dan kostum, Saddam Dasuha sebagai pelakon, penyanyi, pemain pencak silat, Ojak Manalu sebagai penata artistik dan lighting dan Andy Lase sebagai pemusik dan property yang berkolaborasi dengan 20 pelaku seni dari sanggar-sanggar di kawasan DSP Danau Toba.


    Pertunjukan warna danau digelar secara terbatas dan mengikuti protokol kesehatan. Sebanyak 200 tamu undangan mulai dari Gubernur Sumatera Barat dan Walikota Padang serta stakeholder kebudayaan dan masyarakat Sumatera Utara yang ada di Sumatera Barat diundang untuk menyaksikan pertunjukan spektakuler ini. Roadshow dibuka dengan penampilan dari kelompok seni Tari Sikambang Manih yang menampilkan tarian Piriang Badantiang Di Rumah Gadang.

    No comments

    Post Bottom Ad

    Bofet Harapan Peri