• Breaking News

    Irwan Basir Dt.Rajo Alam, SH. MM Hadiri Kegiatan Tradisi Adat Turun Mandi Anak Yang Dihelat Oleh Bundo Kanduang Nagari Pauh IX

     


    Ketua Majelis Pertimbangan Adat (MPA) KAN Pauh IX Irwan Basir Dt.Rajo Alam, SH. MM Hadiri Kegiatan Tradisi Adat Turun Mandi Anak Yang Dihelat Oleh  Bundo Kanduang Nagari Pauh IX Kecamatan Kuranji Kota Padang.


    Secara administratif Pemerintahan Daerah,  Pauh IX adalah wilayah Kecamatan Kuranji yang memiliki sembilan Kelurahan. Dan secara kultur adat, Pauh IX adalah pemerintahan nagari yang mempunyai 9

    f

    tapian. 


    Nagari Pauh IX dikenal dengan masyarakatnya yang masih kuat memegang nilai-nilai adat dan tradisinya. Jadi tak heran, kalau di nagari Pauh IX masih banyak tradisi-tradisi adat yang dilakukan oleh masyarakatnya yang salah satunya adalah Adat Turun Mandi Anak yang dihelat oleh Bundo Kanduang Nagari Pauh IX sebagai bagian dari melestarikan tradisi adat agar tidak tergerus oleh perkembangan zaman.


    "Saat ini banyak generasi muda di daerah kita yang tidak mengetahui atau tidak mengenal tradisi nenek moyangnya. Ini karena kurangnya sosialisasi pembelajaran tentang adat dan budaya di daerahnya. Dengan adanya kegiatan ini, mereka jadi tahu kalau daerahnya punya banyak tradisi dan budaya yang menjadi kebanggaan orang tua mereka dulunya."


    Demikian disampaikan oleh Ketua MPA KAN Pauh IX Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH.MM,  pada acara Tradisi Adat Turun Mandi Anak oleh Bundo Kanduang Nagari Pauh IX bertempat di Kantor KAN Pauh IX Kecamatan Kuranji Kota Padang pada Minggu, 23 Januari 2022.


    Lebih lanjut Penghulu Suku Jambak Nan Batujuh ini mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Bundo Kanduang Pauh IX ini. Dia berharap kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan setiap tahunnya dengan kegiatan bermacam tradisi adat dan budaya yang ada.


     Apalagi ninik mamak di kerapatan adat mendukung penuh kegiatan ini. Dan ini  memperlihatkan sinergisitas antara ninik mamak dengan Bundo Kanduang yang selalu seiring sejalan dalam mempertahankan, menjaga dan melestarikan adat dan tradisi yang ada sesuai dengan adat salingka nagari yang berlaku di nagari Pauh IX.


    " Saya berharap Bundo Kanduang Pauh IX untuk selalu menggelar kegiatan kegiatan seperti ini. Gali terus seni dan tradisi budaya yang dimiliki oleh nagari Pauh IX. Perkenalkan kepada generasi muda terutama anak perempuan di nagari ini agar tradisi budaya yang kita miliki tidak hilang dan tergerus oleh perkembangan zaman." ujar Irwan Basir lagi.


    Sementara itu Anggota DPRD Kota Padang dari Fraksi Demokrat Salisma, SH juga berharap agar ibu-ibu bundo kanduang untuk selalu melestarikan tradisi budaya yang ada. Ini sangat bermanfaat untuk generasi muda sekarang agar mereka lebih mengenal budaya yang dulu dilaksanakan oleh nenek moyang mereka.


    "Saya sangat mendukung kegiatan seperti ini. Siapa lagi yang melestarikan tradisi adat kita kalau bukan kita sendiri. Jadi saya berharap bundo-bundo kanduang semua agar selalu menghelat kegiatan budaya tradisi kita yang besar manfaatnya bagi generasi kita." ungkap Salisma yang juga  mantan Camat Kuranji ini.


    Camat  Kuranji yang diwakili oleh Sekretaris Camat Rio Ebu, dalam sambutannya juga berharap agar kegiatan kegiatan positif seperti ini terus dilakukan. Kecamatan Kuranji punya banyak tradisi budaya kearifan lokal yang belum tersosialisasikan kepada geneasi mudanya. Dengan kegiatan kegiatan seperti inilah, budaya lokal yang menjadi tradisi adat dapat diperkenalkan kepada gerasimuda sekarang.


    " Kami dari pemerintahan kecamatan sangat mendukung kegiatan yang dihelat oleh bundo bundo ini. Turun mandi anak ini sudah jarang dilaksanakan oleh masyarakat. Padahal tradisi ini penuh dengan filosofi adat yang bisa menjadi pedoman bagi orang tua dalam mendidik dan merawat bayinya hingga dewasa. Kami berharap kegiatan seperti ini bisa terus dilestarikan agar generasi sekarang dapat mengenalnya."


    Ketua Bundo Kanduang Nagari Pauh IX Nina SH mengatakan kalau acara ini terselenggara berkat dana pokir Anggota DPRD Padang Ibuk Salisma SH. Disamping itu dia juga berterima kasih atas bantuan dari para ninik mamak, anak nagari,  para bundo kanduang Pauh IX yang ikut membatu pelaksanaan  acara ini sehingga acara ini bisa berjalan dengan sukses. 


    Hadir dalam acara ini, para ninik mamak nan bajinih adat Pauh IX, Kapolsek Kuranji,  pengurus KAN Pauh IX, Organisasi anak nagari dan undangan lainnya

    No comments

    Post Bottom Ad

    Bofet Harapan Peri