• Breaking News

    Babinsa Koramil 06/Kp Dalam Ajarkan Budidaya Sayur Bayam Kepada warga Binaannya

     



    Kampung Dalam,Babinsa Koramil 06/Kp Dalam Kopda Rudi Afriko  melaksanakan pembedayaan warga binaan mengajari cara bercocok tanam sayur bayam kpd Bapak Afdal di Korong Durian Gaduang Nagari Sikucua Timur kec V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman hari Kamis (10/02/2022)


    Kopda Rudi Afriko sebagai babinsa memberikan masukan agar lahan tersebut lebih baik ditanami tanaman sayur-sayuran krn lahan tersebut sangat produktif dan bisa menambah penghasilan warga binaan serta warga yg berada disekitar tempat tinggal Pak Afdal tidak perlu jauh- jauh pergi ke pasar atau ke warung utk membeli sayur bayam Krn dikebun pak afdal sudah bisa menyediakan kebutuhan sayur bayam bagi warga disekitarnya.


    Maksud dan tujuan penggunaan lahan kosong tersebut sangat cocok ditanami sayur-sayuran  yg mengandung unsur hara yg bagus, tanahnya gembur, masih banyak mengandung unsur pupuk organik didalamnya sehingga tidak perlu mengeluarkan banyak biaya dalam pemupukan dan perawatan.


    Proses yang pertama dilakukan adalah  melakukan pengolahan dan menggemburkan tanah untuk mempermudah perakaran untuk masuk ke dalam tanah dan memudahkan akar tanaman menyerap unsur hara sehingga akan bermanfaat yaitu pertumbuhan akar tanaman menjadi maksimal serta dapat memperbaiki tekstur tanah sehingga unsur hara dapat diambil oleh akar dan kebutuhan nutrisi.


    Dilanjutkan dengan penyamaian bibit sayur bayam dengan menambahkan pembakaran yang biasa digunakan adalah bekas bakaran jerami padi yang dicampur dengan bibit sebelum disamaikan dilahan yang sudah kita gemburkan tadi.


    Sehingga babinsa Memberikan tips agar umur panen tanaman bayam bisa lebih cepat. Pada umur 15 hari sejak benih ditebar tanaman sudah bisa dipanen, tanpa mengurangi kuantitas dan kwalitasnya dgn melaksanakan penyiraman pagi dan sore pada tanaman sayur bayam organik.


    Untuk mendapatkan hasil yg rutinitas setiap hari sebaiknya tanaman sayur bayam tersebut dibuat 15-20 bedengan dgn tiap bedengan setiap hari ditanam secara bertingkat maka setiap hari Bapak Afdal bisa panen sayur bayam dan mendapat keuntungan utk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.


    Bapak Afdal mengucapkan terimakasih atas ide dan praktek langsung yang diberikan Kopda Rudi Afriko sehingga menambah ilmu pengetahuan tentang budidaya tanaman sayur bayam tanpa menunggu lama sudah bisa dipanen.


    Diakhir pembicaraan Kopda Rudi Afriko berharap untuk panen sayuran yang ditanam sekarang lebih mendapatkan hasil yang memuaskan dan ke depannya nanti  menjadi lebih baik.


    (BBS MIL 06 RDA)

    No comments

    Post Bottom Ad

    Bofet Harapan Peri