• Breaking News

    Laksma TNI Avando Bastari Kupas Tuntas Tentang Pemulihan Sosial Ekonomi Masyarakat Terdampak Erupsi Gunung Semeru



    TNI AL-STTAL Surabaya, Bertempat di ruang Rapat Soewarso Kampus STTAL Bumimoro Surabaya secara Vicon pada hari Jumat, 25 Februari 2022 Komandan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL), Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Avando Bastari, M.Phil., M.Tr.Opsla., menjadi narasumber Sarasehan Alumni dalam rangka memperingati Dies Natalis Ke-40 Sekolah Pascasarjana Universitas Brawijaya dengan Tema "Pemulihan Sosial Ekonomi Masyarakat Terdampak Erupsi Gunung Semeru", yang dibuka Prof. Dr. Moh. Khusaini, S.E., M.Si., M.A. (Direktur Pascasarjana Universitas Brawijaya) yang dihadiri oleh sekitar 300 peserta, yang terdiri dari pengelola, alumni, mahasiswa, dosen, dan tenaga pendidik.


    Komandan STTAL dalam materinya Pemulihan Sosial Ekonomi Masyarakat Terdampak Erupsi Gunung Semeru membahas tentang bagaimana dampak fisik erupsi gunung semeru yang mengakibatkan dampak sosial ekonomi pasca erupsi dan  sistematik pada aspek ketahanan nasional.


    Lebih lanjut Laksma TNI Avando menjelaskan peran TNI AL yakni sesuai dengan peran dan  tugas pokok TNI sesuai UU No 34  tahun 2004 pasal 7 ayat 2 butir 12 yakni membantu menanggulangi  akibat bencana alam, pengungsian dan pemberi bantuan kemanusiaan. Dalam hal ini  yang dilaksanakan TNI AL antara lain memberikan bantuan sosial, KRI angkut Bansos, peralatan dan tenaga medis, psikologi trauma healing, heli evakuasi medis udara dan personil tim SAR Gabungan.  Hal ini juga selaras dengan Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Yudo Margono yakni jaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara.


    Dalam akhir pemaparannya Laksamana Pertama TNI Dr.Ir. Avando Bastari, M.Phil.,M.Tr.Opsla., mengatakan “Bencana alam terjadi di luar kendali kita. Yang ada dalam kendali kita adalah sikap kita menghadapi ketika bencana itu datang”. 


    Kegiatan Sarasehan ini dipandu oleh Dr. Rita Parmawati, S.P., M.E., selain Komandan STTAL, Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Avando Bastari, M.Phil., M.Tr.Opsla.,   sebagai Nara Sumber lainnya yakni; H. Thoriqul Haq, S.Ag., MML (Bupati Lumajang, Mahasiswa PDIL), Drs. Budi Santosa (Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Jawa Timur) dan Nina Hendarwati S.P.,M.Sos. (Program Manajer EDC, Alumni PMKW). Ditutup dengan closing statement dari Wakil Direktur bidang Akademik, Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerja Sama, Fadillah Putra, S.Sos., M.Si., M.Paff., Ph.D.

    No comments

    Post Bottom Ad

    Bofet Harapan Peri