• Breaking News

    Pemprov. Jawa Timur Dukung KKDN Fakultas Manajemen Pertahanan RI Sebagai Sinergitas Pertahanan Negara

    Telekomfren foto dok


    Fakultas Manajemen Pertahanan (FMP)  Universitas Pertahanan Republik Indonesia selama empat hari (07-11 Februari 2022) mengadakan Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN) secara online dengan  Pemerintah Daerah Jawa Timur, 


    KKDN Fakultas Manajemen Pertahanan kali ini mengambil tema   “Manajemen Sumber Daya Nasional Pada Masa Pandemi Covid-19 Dalam Mendukung Pertahanan Negara”. Narasumber pertama adalah Gubernur Jawa Timur Ibu Khofifah Indar Parawansa yang diwakili oleh Pj Sekda Jawa Timur, Bapak Dr. Ir. Wahid Wahyudi, M.T dengan materi “Manajemen Sumber Daya Nasional Pada Masa Pandemi Covid-19 Dalam Mendukung Pertahanan Negara”.


    Mayjen TNI Dr. Ir. Susilo Adi Purwantoro,S.E.,M.,Eng.,Sc.,CIQnR.,CIQaR.,IPU.,CIPA selaku Dekan Fakultas Manajemen Pertahanan Unhan RI, Dalam sambutannya menyampaikan bahwa program KKDN mahasiswa Fakultas manajemen Pertahanan setiap tahun yang dilaksanakan dengan studi lapangan atau research study ke berbagai daerah/ wilayah di dalam negeri.


    Dengan sasaran kunjungan KKDN ke beberapa instansi dan masyarakat yang berkaitan dengan bidang manajemen pertahanan, ekonomi pertahanan dan ketahanan energi. Untuk dua tahun terakhir, Fakultas manajemen Pertahanan melaksanakan program KKDN ke Provinsi Sulawesi Utara, pada KKDN tahun 2020 dan  Provinsi Kalimantan Barat, pada KKDN tahun 2021. 


    Smentara pada 2022 ini, FMP melaksanakan KKDN di Provinsi Jawa Timur. Namun sehubungan dengan kondisi pandemi covid-19, termasuk di wilayah Indonesia yang masih berlanjut hingga saat ini, maka kegiatan kunjungan kerja ke lapangan atau ke daerah-daerah dilaksanakan secara daring (video conference). 

    Kegiatan KKDN ini merupakan bagian dari proses pembelajaran di UNHAN RI yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan dan pengalaman. Kepada para mahasiswa, serta mengimplementasikan ilmu yang telah didapat untuk melakukan penelitian di bidang manajemen pertahanan, ekonomi pertahanan dan ketahanan energi.


    Pada hari pertama KKDN, pemateri menyampaikan beberapa hal penting terkait dengan “Manajemen Sumber daya nasional pada Masa Pandemi Covid-19 dalam Mendukung Pertahanan negara”. Pj Sekda Prov. Jawa Timur, pada awal paparannya menyampaikan bahwa pemerintah provinsi Jawa imur telah menjalankan program pendidikan yang mumpuni sebagai pembentuk sumber daya nasional khususnya pembinaan sumber daya manusia yang berkualitas.


    Disamping itu  narasumber juga membahas mengenai pemulihan Industri dan perdagangan pada saat pandemi, dibentuknya transformasi bisnis bidang pariwisata dan ekonomi kreatif yang berkembang di wilayah jawa timur, yang dapat mendukung pertahanan negara.


    Pada Sesi ke-2 KKDN Fakultas Manajemen Pertahanan diisi oleh Kepala Bakesbangpol Provinsi Jawa Timur yang diisi oleh Bapak R. Heru Wahono Sansoro, S.Sos., MM. beliau menekankan mengenai adanya serangan disrupsi di era industri 4.0 pembahasan ini mencakup disrupsi teknologi, 35% jenis pekerjaan ajan hilang di 2025 dan 65% tumbuh kompetensi baru berbasis teknologi informasi, disrupsi ekonomi, seperti E-Commerce dan E-Transport, Disrupsi pendidikan seperti kursus Online, Disrupsi Agama.


    Di hari berikutnya, Pangdam V / Brawijaya Mayjen TNI Nurchahyanto, M.Sc dalam hal ini diwakili oleh Kasdam V / Brawijaya Brigjen TNI Agus Setiawan, S.E. menyampaikan beberapa hal penting terkait dengan “Manajemen Sumber daya nasional pada Masa Pandemi Covid-19 dalam Mendukung Pertahanan negara”.Kasdam V/ Brawijaya, pada awal paparannya menyampaikan bahwa, KODAM V/Brawijaya beserta staff & jajaran sebagai komponen pertahanan di wilayah jawa timur telah melaksanakan penanganan COVID-19 secara maksimal. Keberhasilan dalam penanganan COVID-19 dicapai melalui kerjasama, komunikasi dan kolaborasi seluruh elemen di provinsi jawa timur


    Pada hari ketiga Sekertaris Program Studi Manajemen Pertahanan Kolonel Tek. Dr. Hikmat Zakky Almubaroq, S.Pd, M.Si. Membuka kegiatan secara online. Tema KKDN Prodi Manajemen Pertahanan kali ini adalah  “Manajemen Penataan Ruang Wilayah Provinsi Jawa Timur pada Masa Pandemi Covid-19”. Narasumber hari ketiga adalah Kepala Bappeda Provinsi Jawa TImur, Bapak Ir. Mohammad Yasin, M.Si.dengan materi “Manajemen Penataan Ruang Wilayah Provinsi Jawa Timur pada Masa Pandemi Covid-19”.

    “Manajemen Perubahan Sumber Daya Manusia PT PAL Indonesia (Persero) dalam Menghadapi Lingkungan Strategis di Era VUCA dan Kontribusi dalam Mendukung Pertahanan Negara”. Narasumber adalah Direktur Keuangan, Manajemen Risiko dan Sumber Daya Manusia PT. PAL Indonesia (Persero), Bapak Oggy Achmad Kosasih, S.E., M.M., dengan materi “Kesiapan PT PAL Indonesia dalam Menjawab Tantangan VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity)”


    Dan di hari terakhir, ditutup dengan materi “Manajemen Perencanaan Wilayah Pasca Erupsi Gunung Semeru, Kab. Lumajang, Jawa Timur”. Narasumber adalah Kepala Pelaksana BPBD Kab. Lumajang, Bapak Patria Dwi Hastiadi, M.Si dengan materi “Transisi Darurat Menuju Pemulihan Bencana Erupsi Semeru Kabupaten Lumajang”.


    Kegiatan  KKDN kali ini diikuti oleh 74 orang mahasiswa Pascasarjana Fakultas Manajemen Pertahanan Prodi Ekonomi Pertahanan FMP UNHAN RI, 29 orang dosen pendamping, 3 orang Sesprodi, dan 3 Staf Prodi dari FMP UNHAN RI.

    Yang kemudian berakhir dengan ditutupnya kegiatan KKDN oleh Dekan Fakultas Manajemen Pertahanan, Kegiatan ini merupakan wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi yang kemudian bersinergi dengan para stake holder Provinsi Jawa Timur, sebagai implementasi nyata dalam menambah wawasan dan penelitian kepada Instansi terkait selaku eksekutif yang ahli di bidangnya, meski demikian, Civitas akademika UNHAN RI tidak hanya bertanya untuk menambah wawasan, tapi juga sharing knowledge kepada narasumber sebagai input, sinergitas  PEMDA JATIM dalam mendukung pertahanan Negara(dar).

    Su

    No comments

    Post Bottom Ad

    Bofet Harapan Peri