• Breaking News

    PPKS SMK KAL-1 Berbenah Sandart Nasional Pendidikan Yang Unggul

     

    Kepala Sekolah SMK KAL-1 Kolonel Laut (KH) Drs Ambar Kristiyanto, M.Si foto Drw


    Dalam rangka meningkatkan kompetensi Kepala  Sekolah Menengah Kejuruan Khusus Angkatan Laut / SMK KAL-1 ,  (12/02/22) Tim Visitasi dari Ketua Pelaksana  Penilaan Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) Wilayah Sidoarjo-Surabaya  Syaifullah, S.Pd., M.A.P selaku Pembina Pengawas SMK KAL-1, di damping  Pengawas SMK Dra. Heni Inawati P, M.Pd  berkunjung ke SMK KAL-1 diterima oleh Kepala Sekolah Kolonel Laut (KH) Drs Ambar Kristiyanto, M.Si  bersama seluruh manajemen sekolah di  Ruang Punthodewo. 


    Sambutan pertama di sampaikan oleh Kepala Sekolah SMK KAL-1 Kolonel Laut (KH) Drs Ambar Kristiyanto, M.Si yang menyampaikan tentang visi dan misi sekolah dan di tutup dengan pemutaran video kinerja    selama 26 bulan memimpin sekolah ini sejak Nopember 2019 hingga saat ini. 


    PKKS  kali ini  meliputi Tugas Pokok dan Fungsi Kepala  Sekolah, Tugas Tambahan, Manajerial, Kewirausahaan, dan Supervisi. Disamping itu seorang Kepala Sekolah dituntut harus memiliki karya inovasif. Dalam hal ini Kepala Sekolah SMK KAL-1 menunjukkan beberapa  karya inovatifnya kepada Tim PKKS antara lain :  Tas Haji ( Smart bag hajj) , Dongkrak electric dan  Kapal Kombo Karno ( Kapal Penanggulangan Bencana)


    Ketua Tim PKKS menyampaikaan bahwa yang dimaksudkan Penilaian Kenerja Kepala Sekolah  (PKKS) bulanlah Kinerja Kepala Sekolah sendirian , hakekatnya adalah kinerja sekolah secara keseluruhan, hanya yang sangat berperan disini adalah manajemen seorang kepala sekolah .  Pelaksanaan tim PPKS  saat ini hanyalah  meninjau sejauh mana kinerja sekolah. Jadi bila kinerja sekolah baik maka Kepala Sekolah juga baik bila didukung oleh kinerja staf yang baik , “tutur Ketua PPKS”.


    Syaifullah, S.Pd., M.A.P  selaku Ketua Tim PKKS secara terpisah  melakukan penilaian di bidang  Keiswaan dan Humas  yang langsung di jelaskan oleh Munawar, S.Pd beserta tim kesiswaan. Untuk     pemeriksan kondisi Kurikulum dan Opsdik dijelaskan oleh  Ari Sutriyono selaku Waka Kurikulum dan Opsdik beserta tim dan pemeriksaan di bagian Sapras dan IT oleh Dra. Heni Inawati P, M.Pd  dijelaskan oleh oleh Waka Sarpras dan IT Karno Setyo Budi, S.Pd ., M.M., M.Pd beserta seluruh tim yang tergabung di bagian ini. 


    Tim PKKS  selama berada di SMK KAL-1 karena masih dalam masa pandemi covid-19, seluruh pemeriksaan berkas semuanya dilakukan dengan tetap  mengacu kepada protocol kesehatan yang ketat, (melaksanakan cuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak).


    Diakhir penilaian, Kepsek Pamen berpangkat Melati tiga di pundaknya ini  dan  masih aktif sebagai prajurit TNI AL di Kotama Komando Pembinaan Doktrin,  Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut ( Kodiklatal ) dapat  menyimpulkan bahwa dengan adanya kekurangan yang di sampaikan  tim Penilai, sesuai dengan visi sekolah : “ Terwujudnya generasi  berakhlak mulia yang memiliki kopetensi  unggul terhadap kemajuan teknologi pada zamannya ”  dan misi sekolah :  “Meningkatkan  manajemen sekolah berbasis mutu, Meningkatkan pencapaian quality assurance  siswa sesuai keahliannya,  Meningkatkan profesinalisme dan kesejahteraan tenaga pendidik/ tenaga kependidikan, membangun komunikasi kerja sama dan silaturahmi antara  wali murid, instansi  terkaait dan lingkungan sekolah secara berkesinambungan  dan tersedianya  dana mandiri untuk operasional sekolah. 


    Maka untuk menindak lanjuti temuan beberapa kekurangan tersebut, ke depan SMK KAL-1 akan berusaha menjadikan   sekolah yang solutif  yang akan memberikan solusi terhadap masalah yang di hadapi, bukan Polutif yang selalu membuat masalah, sehingga sekolah ini kedepan akan menjadi  dambaan masyarakat yang di idam-idamkan oleh segenap keluarga besar SMK KAL-1.


    Dengan Mengacu pada visi dan misi sekolah yang baru ini diharapkan  SMK KAL-1 dapat segera mewujudkan   Pembangunan Karakter Pelajar Pancasila sebagaimana  tuntutan dari Kemendikbud Ristek Nadiem Makarim (yht/dar).

    No comments

    Post Bottom Ad

    Bofet Harapan Peri