• Breaking News

    Satrol Lantamal XI Bekuk Kapal Muat Miras Di Muara Sungai Maro.

     

    Skenario latihan Visit, Board, Search and Seizure (VBSS) yang berlangsung di Satrol Lantamal XI. Jumat, (18/02) foto. Drw


    Berawal dari informasi Tim Intelejen Lantamal XI yang didapat dari jaringan agen di lapangan bahwa salah satu kapal nelayan KM. Rifan 1 3 GT, dengan ciri-ciri warna kapal merah putih lis biru memuat  barang ilegal berupa miras di pelabuhan perikanan Merauke yang akan di bawa ke pedalaman. Setelah diyakini bahwa info tersebut A1, Paga Satrol Lantamal XI meneruskan laporan informasi tersebut kepada Dansatrol Lantamal XI, selanjutnya Dansatrol Lantamal XI memerintahkan Tim VBSS untuk melaksanakan Patroli di sekitar perairan muara sungai maro. Tim VBSS yang dipimpin Letda Laut (P) Hermawan beranggotakan 6 orang dengan menggunakan Searider-melaksanakan patroli di perairan sekitar muara sungai maro guna penyekatan terhadap  kapal nelayan yg di curigai, setelah menunggu cukup lama barulah terlihat  KM Rifan melintas diperairan muara sungai maro dan lansung dilaksanakan penghentian dan pemeriksaan (henrikan) terhadap kapal tersebut, pada saat penggeledahan ruangan kapal didapatkan 15 dus minuman keras yang disimpan diruang kemudi kapal, selanjutnya Katim VBSS melaporkan temuan tsb kepada Dansatrol Lantamal XI, guna pemeriksaan lanjut  kapal beserta barang bukti di bawa ke Dermaga Satrol Lantamal XI. Rangkaian kegiatan tersebut merupakan skenario latihan Visit, Board, Search and Seizure (VBSS) yang berlangsung di Satrol Lantamal XI. Jumat, (18/02).


    Pelaksanaan Latihan VBSS ini berdasarkan Program Kerja dan Anggaran (Prokera) Lantamal XI TW. I TA. 2022 dilaksanakan sejak tanggal 10 s.d. 21 Februari 2022 yang diawali dengan kegiatan penyampaian Materi Latihan antara lain Organisasi VBSS, Pengenalan peralatan, Tingkat - tingkat Operasi, Uraian Kegiatan/Aksi, Prosedur Laporan, Kordinasi antar unsur/ prosedur Kodal serta tugas dan tanggung jawab personel. 

     

    Latihan ini melibatkan 95 personil Lantamal XI serta unsur patroli Satrol Lantamal XI diantaranya  Kal Mulga, Kal Digul dan Sea Hunter.


    Komandan Lantamal XI  Merauke Kolonel Marinir Gatot Mardiyono, S.H. mengatakan bahwa latihan ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan dan pemahaman prosedur dalam kegiatan VBSS bagi Prajurit Satrol Lantamal XI dalam rangka menegakan hukum dilaut, kegiatan ini selaras dengan perintah harian Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. yaitu "Bangun sumber daya manusia yang unggul dan profesional serta tangguh menghadapi segala ancaman", terang Komandan Lantamal XI.


    Kegiatan latihan ini berjalan dengan lancar dan aman dengan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19  yang telah ditetapkan pimpinan TNI AL. (Dispen Lantamal XI).

    No comments

    Post Bottom Ad

    Bofet Harapan Peri