• Breaking News

    Wadan Kodiklatal Beri Pengarahan Siswa Dikmaba TNI AL Angkatan XLI/2

     

    Laksamana Muda TNI    Agus Hariadi     Wadan Kodiklatal Beri Pengarahan Siswa Dikmaba TNI AL Angkatan XLI/2 Pusat Latihan Pendidikan Dasar Militer (Puslatdiksarmil) Kodiklatal, Juanda, Sidoarjo, (07/02/2022) foto drw




     Wakil Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Wadan Kodiklatal) Laksamana Muda TNI Agus Hariadi mewakili Komandan Kodiklatal Mayjen TNI (Mar) Suhartono memberikan pengarahan kepada Siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) TNI AL Angkatan XLI/2 yang sedang mengikuti Pendidikan  Dasar Keprajuritan  (Diksarit) di Pusat Latihan Pendidikan Dasar Militer (Puslatdiksarmil) Kodiklatal, Juanda, Sidoarjo, (07/02/2022)


    Kegiatan tersebut diikuti oleh 762 Siswa Dikmaba yang terdiri dari 672 siswa pria dan 90 siswa wanita. Turut hadir dalam kegiatan itu oleh Wadan Puslatdiksarmil Letkol Laut (P) Didi Efendi, S.Sos.M.Tr Hanla.,  Komandan Sekolah Bintara (Danseba) Puslatdiksarmil Letkol Marinir Nico Herdianto, S.H.,  para Kepala Departemen jajaran Puslatdiksarmil, para instruktur dan Pembimbing Siswa. 


    Dihadapan ratusan siswa Dikmaba TNI AL 41/2, Wadan Kodiklatal menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa bangganya kepada seluruh siswa karena sejauh ini seluruh siswa dapat mengikuti tahap Pendidikan Dasar Keprajuritan di Puslatdiksarmil dengan baik dan sungguh-sungguh.  “Saya monitor terus perkembangan kalian selama  mengikuti pendidikan di Puslatdiksarmil dan saya bangga kepada kalian karena bisa mengikutinya dengan baik, penuh semangat dan tidak ada yang sakit.” Ujar Wadan Kodiklatal.


    Wadan mengatakan bahwa pendidikan dasar keprajuritan ini merupakan tahap pendidikan yang cukup penting untuk mengubah karakter siswa dari masyarakat sipil menjadi seorang prajurit.  Setelah mengikuti tahap Diksarit siswa akan mengikuti Pendidikan Dasar Golongan (Diksargol) yang akan disampaikan tentang keangkatan lautan. “Semua itu harus kalian jalani dengan baik dan kompak agar kalian menjadi prajurit sejati dan tidak cengeng, termasuk para siswa wanitanya  harus menjadi Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) yang tahan banting dalam menghadapi segala situasi. Saya yakin kalian sanggup  dan mampu mengikuti pendidikan ini.” Tegasnya.


    Kodiklatal melalui Puslatdiksarmil mendidik dan menempa siswa Dikmaba 41/2 selama lima bulan di Puslatdiksarmil dan dilanjutkan dengan tahap Pendidikan Dasar Golongan Lanjutan (Diksargolan) selama lima bulan di Kodik-Kodik  sesuai dengan kejuruannya.  Secara umum mereka akan terbagi menjadi Pelaut dan Marinir. Siswa Pelaut mengikuti Diksargolan di Komando Pendidikan Operasi Laut (Kodikopsla) dan Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum), sedangkan siswa Marinir di Komando Pendidikan Marinir (Kodikmar) yang berlokasi di Gunung Sari, Surabaya.


    Pada bagian akhir pembekalannya, Wadan Kodiklatal menekankan kepada seluruh siswa agar terus membangun semangat jiwa korsa diantara siswa Dikmaba selama mengikuti pendidikan dan membantu rekannya bila mengalami kesulitan. Dirinya berharap agar seluruh Siswa Dikmaba TNI AL Angkatan 41/2 dapat  lulus dan mengikuti pelantikan semuanya.  “Oleh karena itu, kalian harus selalu menjaga kesehatan, pikiran selalu tenang, nikmati pendidikan ini, semua lakukan secara bersama-sama dan hindari kesalahan serta selalu berdoa,” ujar Wadan Kodiklatal. 


    No comments

    Post Bottom Ad

    Bofet Harapan Peri