• Breaking News

    BABINSA KORAMIL 04/SICINCIN MELAKSANAKAN PEMIJAHAN PADA BUDIDAYA IKAN NILA


    Babinsa Koramil 04 Kodim 0308/Pariaman Serma Wahyudi melaksanakan kegiatan produktif yaitu pemijahan/pembibitan ikan nila, Berbekal pengalaman dan didikan orang tua sejak kecil Serma Wahyudi mencoba mengaplikasikan untuk menambah penghasilan serta mensukseskan program pemerintah dalam ketahanan pangan.

     

     

    Disini dia akan menjelaskan secara singkat cara pemijahan/pembibitan ikan nila, Hal yang perlu diperhatikan adalah tempat serta kolam dan perbandingannya. Untuk pemijahan sendiri perbandingan induk jantan dan betina adalah 1:3, atau 1:4. sebanyak 150 ekor diantaranya indukan ikan nila betina 50 ekor dan ikan nila jantan 100 ekor.

     

    Pada kolam pendederan menggunakan kolam khusus harus dibersihkan, dikeringkan dan diracun dipastikan tidak ada musuh pada bibit ikan nila tersebut, seperti belut dan ikan besar lainnya. Setelah kolam tersebut dikeringkan selama tiga hari, kemudian kolam tersebut digenangi air sedalam 15 cm. bila anak ikan/larva sudah cukup besar, untuk debet air juga ditambah supaya perberkembangan anak ikan tersebut maksimal dan kadar oksigen dalam kolam terpenuhi.

     

     

     

    Dalam melaksanakan budidaya ikan nila, harus dilakukan dengan kedisplinan. Terkadang dalam proses budidaya terjadi sesuatu hal di luar dugaan yang mengharuskan untuk berpikir kreatif menanggulangi hal tidak terduga tersebut, Saya berharap kepada warga selaku aparat kewilyahan khususnya Babinsa Koramil 04/Sicincin agar usaha seperti ini dapat menjadi contoh untuk masyarakat.

     

     

     

    “Kunci sukses adalah, dengan terus berinovasi dan menekuni usaha yang kita geluti sesuai dengan Slogannya Korem 032/Wbr, yakni wirabraja profesional, jujur dan produktif”

    No comments

    Post Bottom Ad

    Bofet Harapan Peri