• Breaking News

    Babinsa koramil 06/Kampung Dalam Ajarkan Warga Binaan Cara Menanam Semangka Non Biji untuk meningkatkan Perekonimian

     


     

     

     

     

    Kampung Dalam,Babinsa Koramil 06/Kp Dalam Sertu Yonedi mengajarkan menanam Semangka Non biji kepada bapak Busri (52),Suku sikumbang di Korong Kampung Parit Nagari Kudu Ganting kec V Koto Timur Kabupaten Padang Pariaman Rabu (9/03/2022)

     

     

     

     

     

    Kegiatan budidaya Semangka Non biji ini dilakukan karena cepat berbuah,dicari dan dibutuhkan pedagang , sangat cocok ditanam didaerah ini Krn kondisi tanah dan suhunya bagus dan belum ada masyarakat yg menanamnya.

     

     

     

    Pada kesempatan inilah Babinsa Sertu Yonedi mengajak dan mengajari Pak Busri untuk memanfaatkan lahan untuk budidaya semangka non biji guna meningkatkan perekonomian keluarga serta masyarakat sekitarnya.

     

     

     

     

     

    Untuk pemasaran semangka non biji ini sangatlah mudah karna banyak pedagang yg berminat atau toke di kecamatan V koto timur ini yang membeli dengan kisaran harga Rp 9.000 -10.000/Kg dan perbuah Rp 30.000 yg dijual di pasar Lubuk Buaya Kota Padang.

     

     

     

     

     

    Sertu Yonedi menjelaskan, “Sejak mulai menanam sampai panen usianya 2 bulan sudah bisa dgn menghasilkan 1 pohon semangka Maksimal 3 buah, utk yang lain di potong supaya buah menjadi buah super. Semangka non biji cocok untuk tumbuhan merambat karna cepat berkembang di daerah dataran rendah maupun di dataran tinggi”.

     

     

     

     

     

    “Sistim pengambilan bibit semangka non biji setelah seminggu penyamaian bisa di ambil dan dipindahkan kebedengan yang sudah digemburkan dgn menggunakan plastik Mulsa minimal jarak per bedengan 4 meter Sedangkan jarak bibit satu dengan bibit lainnya 60 cm perbibit dengan kedalaman 6 cm.Setelah 1 minggu maka di berikan pupuk Mutiara dan ditambah pupuk Tsp Rutin dilakukan setiap 1 kali seminggu”, tambah penjelasan dari Sertu Yonedi.

     

     

     

     

     

    Sebagai babinsa Sertu Yonedi menerangkan Cara pemupukan kepada pak Busri, “Disaat pengecoran tidak perlu terlalu banyak cukup dengan 200 mm yang penting pemupukan rutin 1 kali dalam seminggu”.

     

     

     

    “Dengan perawatan dan penyiangan pada Semangka non biji ini cukup membesihkan Pakal pohon semangka dengan penyiangan dilakukan selama 1 minggu sekali” tambahnya disela-sela mengajarkan kpd Bapak Busri.

     

     

     

     

     

    Dalam jangka 30 hari semangka non biji di beri racun hama Domolish 1 tutup botol/tangki ,Antracol 2 sdm/tangki dan Alika 1 tutup botol/tangki dengan cara di semprotkan setiap daun yang terkena serang hama dengan bagian yang diserang oleh kumbang dan ulat daun.

     

     

     

    Pak Busri mengucapkan terima kasih banyak kepada babinsa atas petunjuk pengetahuan yang bermafaat berbagi cara penananam Semangka Non Biji, Babinsa Sertu Yonedi nagari kudu Ganting Juga berharap kpd Bapak Busri agar tanaman budidaya yang di lakukannya menjadi perhatian masyarakat untuk mencoba sebagai ketahanan pangan masyarakat agar dapat meningkatkan perekonomian petani..( BBS Mil 06/YND )

    No comments

    Post Bottom Ad

    Bofet Harapan Peri