• Breaking News

    Hari ke-4 Lattek Suroyudho, Latihkan GMUK Bagi Taruna AAL Korps Marinir


    AAL, Bumimoro (11/3).

     

     

     

    Di hari ke-4 Latihan Praktek (Lattek) Suroyudho yang diikuti 23 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat III Korps Marinir Angkatan ke-68 melaksanakan rangkaian latihan praktek sebagai Komandan Peleton (Danton) Infanteri pada operasi darat melanjutkan Latis Tapas GMUK (Gerakan Maju Untuk Kontak) di Puslatpurmar-04/Purboyo, Sumberbening, Bantur, Malang, Jawa Timur (11/3).

     

    Latihan pagi ini diawali dengan seluruh Taruna Serpas ke Daerah Kumpul (DK) dengan menyiapkan maket dan dilanjutkan Taruna yg ditunjuk sebagai Danton menyampaikan PO (Perintah Operasi) GMUK. Setelah PO dipahami seluruh Taruna bergerak ke Titik Star (TS) untuk cek personil, setelah lengkap dilanjutkan bergerak menuju CP 1, CP 2, CP 3.

     

     

     

    Pada titik serak pasukan dihentikan untuk melaksanakan pengamanan sektor, kemudian dilanjutkan melaksanakan pengintaian Komandan Peleton (Danton) ke Daerah Persiapan (DP). Apabila DP sudah aman seluruh pasukan di perintah untuk memasuki DP.

     

     

     

    Di DP seluruh Taruna persiapan untuk melaksanakan serangan dengan menyiapkan maket, dilanjutkan pemberian PO serangan. Setelah dipahami oleh seluruh Taruna sesuai orgasnya, dilanjutkan cek kelengkapan personil kemudian bergerak ke pangkal penyerangan.

     

     

     

    Setelah melewati Garis awal dengan mengembangkan formasi serangan selanjutnya bergerak sesuai dengan petak serangan yang sudah ditentukan dengan melaksanakan penyerbuan ke sasaran antara lain ke sasaran pokok. Setelah sasaran di rebut untuk melaksanakan konsolidasi ulang cek personil dan material setelah lengkap kembali ke posko tempat harbouring.

     

     

     

    Menurut Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) Letkol Marinir Wempi mewakili Kepala Departemen Marinir (Kadepmar) AAL Kolonel Marinir Datuk Sinaga, Lattek yang dilaksanakan mulai tanggal 7 hingga 18 Maret 2022 ini didukung 15 pelatih dan staf latihan dari AAL dan 7 pelatih dari Kolatmar.

     

    Tujuan dilaksanakannya Lattek Suroyudho ini, adalah untuk mempraktekkan pelajaran teori yang telah diterima di kelas melalui aplikasi di lapangan pada tingkat Komandan Peleton Infanteri dalam operasi darat.

     

    Usai melaksanakan Lattek Suroyudho para Taruna Korps Marinir diharapkan mampu membuat perencanaan sesuai langkah-langkah Prosedur Pimpinan Pasukan (P3) untuk peletonnya dalam operasi darat, melaksanakan komando dan pengendalian pasukan tingkat peleton dalam hubungan Kompi serta mampu melaksanakan teknik dan taktik operasi tempur darat.

    No comments

    Post Bottom Ad

    Bofet Harapan Peri