• Breaking News

    Sambut Ramadhan, Irwan basyir Himbau Masyarakat Ramaikan Mesjid




    Sudah dua kali puasa Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah  dan 1442 Hijriah umat muslim menjalankan ibadah puasa dalam suasana pandemi Covid-19.



    Walikota Padang Hendri Septa, B.Bus.(Acc), M.I.B, saat Mukerda LPM se-Kota Padang memberikan jaminan untuk kaum muslimin dan muslimat beribadah di bulan Ramadhan 1443 Hijriah dengan tetap mematuhi prokes. 


    Tidak akan ada pengikat-pengikat serta tidak ada edaran-edaran yang akan dikeluarkan. Karena itulah Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir Datuk Rajo Alam mengimbau masyarakat untuk meramaikan masjid.



    Suasana Ramadhan yang biasanya diisi dengan shalat tarawih dan witir berjama’ah, mendengarkan ceramah agama dan tadarus bersama di masjid di masa pandemi itu tidak dapat dilakukan seperti biasa. Karena harus menjaga jarak fisik dan jarak sosial atau physical distancing dan social distancing agar virus tidak menyebar.


    Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) RI pun mengeluarkan aturan, dalam melaksanakan salat berjamaah ini diupayakan untuk dibuat se-simple mungkin sehingga waktunya tidak terlalu panjang, mengingat dalam kondisi masih darurat. Oleh karena itu, yang terbaik adalah menunaikan salat tarawih di rumah masing-masing.


    Kendati demikian, bagi yang ingin salat tarawih di masjid tetap dimungkinkan khususnya bagi yang berada di wilayah bukan zona merah, tapi dengan catatan benar-benar menerapkan protokol kesehatan 3M yang ketat yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.


    Namun memasuki Puasa Ramadhan 1443 Hijriah yang akan jatuh pada 2 April 2022 ini, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Padang yang juga Ketua Majelis Pertimbangan Adat (MPA) Kerapatan Adat Nagari (KAN) Pauh IX Kuranji, Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MM mengimbau masyarakat untuk meramaikan masjid, namun tetap mematuhi protokol kesehatan.


    “Walikota Padang saat Musawarah Kerja Daerah (Mukerda) LPM se-Kota Padang telah memberikan jaminan bahwa tidak ada pengikat-pengikat. 


    Silahkan kaum muslimin dan muslimat beribadah di bulan Ramadhan 1443 Hijriah ini serta tidak ada edaran - edaran yang akan dikeluarkan,” kata Irwan Basir saat membuka acara shalawat dulang. Bertempat di Halaman Masjid Taqwa, Kampung Tanjung, Kelurahan Gunung Sarik, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Kamis (17/03/2022) Malam.


    Inilah kata Irwan Basir, menjadi petikan pemikiran baginya untuk mengimbau kaum muslimin dan muslimat untuk meramaikan masjid. Karena masjid adalah tempat yang paling baik di muka bumi.


    Masjid adalah rumah Allah SWT, tempat yang sangat mulia dan sangat utama untuk kegiatan ibadah umat Islam seperti sholat, berdzikir, bersholawat, dan majlis ta’lim.


    Karena itu ia mengajak masyarakat kampung Tanjung, Kelurahan Gunung Sarikaah untuk gembira menghadapi Ramadhan.


    “Orang beriman itu mengucapkan Marhaban Ya Ramadhan atau Selamat Datang pada tamu Istimewa Ramadhan,” katanya. (F. Fahlevi/Dp

    No comments

    Post Bottom Ad

    Bofet Harapan Peri