• Breaking News

    Irwan Basir Pemateri Pada Acara KIE/Rawan Bencana MDMC Muhammadiyah Kota Padang

     

    Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH.MM pada acara Sosialisasi Komunikasi, informasi dan Edukasi (KIE) Rawan Bencana di masyarakat yang digelar oleh Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Muhammdiyah Kota Padang pada Sabtu/16/04/2022 di Aula SMP Muhammadiyah 1 Simpang Haru Kota Padang 

    Kabid Linjamsos Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH.MM Menjadi Narasumber Dalam Acara  Sosialisasi Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) Rawan Bencana MDMC Muhammadiyah Kota Padang 



    Pada dasarnya Bencana itu ada dua, yaitu bencana alam dan bencana sosial. Bencana alam contohnya adalah gempa bumi, tsunami, banjir, tanah longsor dan bencana alam lainnya. Sedangkan bencana sosial contohnya, kemiskinan, konflik di masyarakat, Tawuran dan penyakit masyarakat lainnya. 


    Demikian disampaikan oleh Kepala Bidang Perlindungan Jaminan Sosial ( Linjamsos ) Dinas Sosial Propinsi Sumatera Barat Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH.MM pada acara Sosialisasi Komunikasi, informasi dan Edukasi (KIE) Rawan Bencana di masyarakat yang digelar oleh Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Muhammdiyah Kota Padang pada Sabtu/16/04/2022 di Aula SMP Muhammadiyah 1 Simpang Haru Kota Padang 


    Lebih lanjut Irwan Basir mengatakan, saat Bencana terjadi yang paling didahulukan penanganannya adalah keselamatan masyarakat.    Misalnya pemerintah atau relawan akan melakukan evakuasi untuk pengungsian bagi korban yang tertimpa bencana seperti musibah  gempa. Tenda-tenda pengungsian didirikan termasuk pengadaan logistik dan makanan.


    "Penyediaan logistik dan makanan harus terjamin ketersediaannya. Jangan sampai korban yang tertimpa bencana sampai tidak makan. Pendistribusian bahan logistik harus terukur dan sesuai dengan kebutuhan dan harus merata. Petugas dilapangan harus jeli melakukan pendataan agar jangan ada korban yang tidak menerima bantuan," terang Irwan Basir.


    Kabid Linjamsos ini juga menjelaskan penanganan korban bencana tidak bisa dilakukan oleh pemerintah saja, tapi juga  harus melibatkan unsur lembaga lainnya. Disinilah peran lembaga- lembaga kebencanaan yang ada seperti KSB atau MDMC Muhanmadiyah ini. Lembaga ini bekerja sesuai dengan arahan dari BPBD selaku Instansi Pemerintah yang bertanggung jawab atas penanganan bencana yang terjadi. 


    " Dinas Sosial lebih khusus bertugas dalam pengadaan bantuan logistik dan pendistribusiannya termasuk pengadaan dapur umum dalam masa tanggap darurat. Sedangkan pada pasca terjadi bencana penanganannya banyak dilakukan oleh pihak BPBD dengan dibantu oleh para relawan yang ada", ujar Irwan Basir mengakhiri paparannya.  (MC/ Tim )

    No comments

    Post Bottom Ad

    Bofet Harapan Peri