• Breaking News

    Irwan Basyir melepas Jenazah Rosneli

     

    Irwan Basir melepas jenazah anak kemenakan almarhumah Rosneli Kelurahan Kuranji, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Jumat (6/7/2022). Foto dp

    Penghulu Jambak Nan Batujuh tapian Kuranji Irwan Basir, SH,.MM Datuk Rajo Alam melepas jenazah anak kemenakan almarhumah Rosneli. Isteri dari Boyong. Almarhumah yang bersuku jambak Nan Batunjuh meninggal di usia 57 tahun di rumah duka Kelurahan Kuranji, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Jumat (6/7/2022).


    Sesungguhnya kehadiran kita datang kerumah duka ini untuk melayat atas meninggalnya anak kemenakan kita, karib kerabat kita atau saudara kita adalah menjalankan fungsi hubungan sosial kita kita antar sesama manusia atau Hablumminannas, ujar Ketua MPA KAN Pauh IX ini.


    Dia menambahkan, kematian ini petunjuk bagi yang masih hidup untuk merubah perilaku kedepan kepada norma-norma dan amal ibadah dari apa menjadi tindakan baik secara bribadi maupun hidup didalam bermasyarakat.


    “Ini sebagai pelajaran bagi kita tidak pangkat dan jabatan tidak harta kekayaan tetapi yang kita bawa adalah amal yang dicatat malaikat Rakiq dan Atib, ” ujar tokoh masyarakat Kota Padang ini.


    Selanjutnya, Irwan Basir juga mengatakan jadikanlah kematian sebagai pelajaran/ pengingat. Setiap manusia pasti akan menempuhnya. Dan itu menandakan kalau setiap manusia tidak akan selamanya menghuni dunia yang fana ini.


    Sewaktu kita meninggalkan dunia ini, hanya amal ibadah lah yang akan kita bawa nanti ke akhirat. Jadi tidak ada yang perlu kita banggakan.


    Pangkat yang tinggi, jabatan, kehormatan dan harta harta benda semua itu tidak akan dibawa kalau maut sudah menjemput kita. Yang dibawa hanyalah amal ibadah yang kita lakukan sebagaimana tujuan kita diciptakan, tegasnya.


    Selain itu, Penghulu suku Jambak nan Batujuah ini juga mengatakan sewaktu meninggal maka putuslah segala amal ibadah di atas dunia ini, kecuali tiga perkara yaitu : sadaqah jahiriyah, ilmu yang bermanfaat dan doa anak yang shaleh.


    Jika kita sudah meninggal maka putuslah segala amal ibadah kita di dunia ini kecuali tiga: sadaqah jahiriyah, ilmu yang bermanfaat dan doa anak yang shaleh.


    Untuk itu, kepada anak-anak yang beliau tinggalkan agar senantiasa mendoakan beliau agar Allah mengampuni segala kesalahan beliau dan menerima segala amal ibadah yang beliau lakukan, ujar Irwan Basir.


    Almarhumah Rosneli meninggalkan satu suami dan tujuh orang anak salah satu anak Almarhumah bekerja diluar negeri tepatnya sebagai TKI di Jepang.

    No comments

    Post Bottom Ad

    Bofet Harapan Peri