• Breaking News

    Irwan Basir Kembali Santuni Warga Korban Kebakaran di Kelurahan Rawang Kecamatan Padang Selatan Kota Padang

     



    Padang - Musibah kebakaran yang yang menimpa warga Rt 01 Rw 06 Kelurahan Rawang Kecamatan Padang Selatan Kota Padang pada pada Minggu 18/9/2022 ditinjau oleh Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH.MM, Kamis, 22/09/2022.


    Irwan Basir yang didampingi oleh segenap Pengurus DPD LPM Kota Padang disambut oleh Lurah Rawang Ahmad Yani, Ketua DPC LPM Padang Selatan Akhiruddin, S.Pd., Ketua LPM Kelurahan Rawang Yosrizal dan keluarga korban Bapak Masral, langsung meninjau lokasi rumah yang ludes dilalap si jago merah tersebut.


    Menurut keterangan Bapak Masral si pemilik rumah yang terbakar mengatakan kalau kebakaran ini berasal dari kompor yang meledak dan api begitu cepat menjalar dan membesar. Sulitnya akses ke lokasi ini karena jalan yang sempit membuat mobil pemadam kebakaran kesulitan menjangkau lokasi rumah yang terbakar.  Api begitu cepat membakar seluruh badan rumah termasuk rumah orang tuanya yang bersebelahan dengan rumahnya. Dari peristiwa ini dua rumah dan 5 jiwa dari satu keluarga kehilangan tempat tinggal.


    Irwan Basir yang melihat kondisi rumah yang ludes terbakar itu, sangat prihatin dan turut berduka. Dirinya mengaku sudah terlalu sering melihat dan meninjau warga yang ditimpa kebakaran. Rata-rata dari peristiwa tersebut hampir semua tidak bisa menyelamatkan barang-barang harta benda mereka dan semuanya ikut ludes dimakan si jago merah.


    " Saya sudah sering kali melihat akibat dari musibah kebakaran ini. Hampir semuanya tidak bisa menyelamatkan harta bendanya. Semua turut terbakar bersama bangunan rumah. Atas nama pengurus DPD LPM Kota Padang, saya menyampaikan turut berduka dengan apa yang terjadi. Mudah-mudahan musibah seperti ini tidak terulang lagi," ucap Irwan Basir.


    Lebih lanjut dikatakan, setiap musibah yang terjadi memang tidak bisa diprediksi kapan datangnya. Namun, dari musibah ini dapat diambil hikmahnya agar kedepannya kita lebih berhati-hati dalam hal pemakaian alat-alat masak atau kompor maupun pemakaian alat listrik. Hampir semua penyebab kebakaran adalah dari faktor yang dua tersebut.


    "Setiap musibah pasti ada hikmahnya. Memang kita tidak bisa memprediksi akan datangnya musibah. Kita yakin, dari musibah itu ada hikmah yang perlu kita ambil. Mungkin kedepannya kita lebih berhati-hati dalam hal menggunakan alat masak atau alat-alat listrik. Karena setiap kebakaran yang terjadi, penyebabnya adalah dari yang dua itu," terang tokoh yang juga ketua Dekopinda Kota Padang ini.


    Di samping itu Irwan Basir juga menghimbau kepada para donatur yang punya rezki lebih untuk turut mengulurkan tangannya demi meringankan beban yang diderita saudara kita.


    " Innamal mukminunna ikhwa. Setiap orang mukmin itu bersaudara. Tanda kita bersaudara, saya menghimbau dan mengajak kepada para donatur yang punya rezki lebih, mari kita bersama-sama meringankan beban saudara kita yang ditimpa musibah ini. Sekecil apapun bantuan kita, itu sangat berarti bagi mereka karena dapat membantu meringankan beban mereka tersebut," tukas Irwan Basir lagi.


    Lurah Kelurahan Rawang Ahmad Yani mengatakan sangat berterima kasih sekali dengan kedatangan Irwan Basir bersama pengurus DPD LPM Kota Padang yang telah peduli dengan warganya yang ditimpa musibah.


    " Atas nama pihak pemerintahan Kelurahan, kami sangat berterima kasih sekali kepada Pak Datuk Irwan Basir bersama pengurus DPD LPM Kota Padang yang begitu peduli kepada warga kami yang baru ditimpa musibah. Mudah-mudahan ini dapat menjadi sitawa sidingin hendaknya bagi Pak Masral dan keluarga," ucap Lurah Rawang ini.


    Pada kesempatan itu Irwan Basir juga menyerahkan  bantuan spontanitas atau sumbangan berupa uang tunai,  beras, mie instan dan air mineral. Bantuan itu diterima langsung oleh Bapak Masral selaku korban kebakaran.


    Turut hadir dilokasi, Ketua LPM Kelurahan se-Kecamatan Padang Selatan, Pengurus KSB Padang Selatan, Ketua Rt 01 dan Rw 06 Kelurahan Rawang serta ibu-ibu majelis Taklim dan masyarakat sekitar.

    No comments

    Post Bottom Ad

    Bofet Harapan Peri