• Breaking News

    Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH.MM membuka kegiatan lomba menyanyikan Mars Bundo Kanduang dihalama kantor camat kuranji

     


    JELAJAHNEWS Padang(SUMBAR) - Ketua Majelis Pertimbangan Adat (MPA) KAN Pauh IX Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH.MM membuka kegiatan lomba menyanyikan Mars Bundo Kanduang dalam rangka peringatan HUT Bundo Kanduang ke-48 yang digelar oleh Bundo Kanduang Kecamatan Kuranji pada Sabtu, 19/11/2022 bertempat di Halaman Kantor Camat Kuranji Kota Padang.

    Acara di dahului oleh Pawai peserta yang diikuti oleh seluruh Bundo Kanduang Kelurahan se-Kecamatan Kuranji. Pelepasan pawai ini dilakukan di Halaman kantor KAN Pauh IX oleh Irwan Basir didampingi Camat Kuranji Yandra, M.Si dan Kapolsek Kuranji AKP Nasirwan. 

    Dalam sambutannya Irwan Basir menyampaikan, secara Administrasi, Kecamatan Kuranji  terdiri dari sembilan Kelurahan. Dan sebagai Nagari dalam perkotaan Kecamatan Kuranji dikenal juga Nagari Pauh IX yang terdiri dari 9 Tapian. Hal ini menandakan bahwa Kecamatan Kuranji meski berada di bawah pemerintahan Kota Padang namun secara historis Kecamatan Kuranji masih tetap memegang teguh nilai-nilai adat  kearifan lokalnya yaitu adat salingka Nagari Pauh IX.

    "Kecamatan Kuranji terdiri dari sembilan Kelurahan dan secara historis Kecamatan Kuranji adalah Nagari Pauh IX yang terdiri dari sembilan Tapian yang punya adat dan budaya kearifan lokal sesuai dengan Adat Salingka Nagari yaitu Nagari Pauh IX. Dan ini harus tetap dilestarikan agar adat nan indak lakang dek paneh dan indak lapuak dek hujan tetap ada di nagari ini," ungkap Irwan Basir yang juga Ketua DPD LPM Kota Padang ini.

    Lebih lanjut disampaikan, sebagai limpapeh rumah nan gadang, peran Bundo Kanduang dalam nagari sangat menentukan untuk mempertahankan dan melestarikan nilai-nilai adat yang ada di nagari. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Bundo Kanduang Kecamatan Kuranji ini adalah salah satu cara untuk menghidupkan kembali peran Bundo Kanduang dalam melestarikan nilai-nilai adat tersebut agar generasi muda kanduang memahami akan potensi budaya kearifan lokal di daerahnya.

    "Saya sangat mendukung kegiatan yang digelar oleh Bundo Kanduang ini.  Kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk tetap melestarikan budaya kearifan lokal nagari Pauh IX. Di samping itu agar generasi muda Bundo Kanduang Kecamatan Kuranji bisa mengetahui akan budaya adat yang dimiliki oleh daerahnya," ujar tokoh yang juga ketua Dekopinda Kota Padang ini.

    Sementara itu Camat Kuranji Yandra, M.Si mengatakan Kecamatan Kuranji yang dipimpinnya merupakan daerah yang masih kuat memegang adat dan budayanya. Camat Yandra juga memuji setiap kegiatan yang diadakan di Kecamatan Kuranji masyarakatnya selalu kompak dan didukung oleh tokoh-tokoh dan ninik mamak di nagari. 

    " Saya sangat memuji kekompakkan masyarakat Kuranji. Setiap ada kegiatan baik kegiatan kemasyarakatan, kegiatan nagari, masyarakatnya selalu kompak dan saling mendukung. Dukungan juga diberikan oleh tokoh-tokoh nagari dan juga dari ninik mamak. Hal ini lah yang membuat setiap kegiatan digelar di Kecamatan Kuranji ini selalu berjalan sukses dan meriah," ucap Camat Yandra.

    Senada dengan Camat, Kapolsek Kuranji AKP Nasirwan juga mengapresiasi kegiatan Bundo Kanduang Kecamatan Kuranji ini. Sudah banyak daerah yang sudah ditempuhnya dalam selama berdinas di Kepolisian. Dan Kecamatan Kuranji memang berbeda. Di Kecamatan Kuranji masyarakatnya masih kental dalam memegang nilai-nilai adat daerahnya. Di sini ninik mamak, Bundo Kanduang dan tokoh-tokohnya selalu kompak dalam hal memajukan nagarinya. 


    Kegiatan lomba menyanyikan Mars Bundo Kanduang ini diikuti oleh Bundo Kanduang dari sembilan Kelurahan se-Kecamatan Kuranji. Menurut keterangan dari Ketua Bundo Kanduang Kecamatan Kuranji Bundo Adriyosa Adnan mengatakan lomba ini diadakan dalam rangka memperingati HUT Bundo Kanduang ke 48 dan akan ditutup pada hari Minggu besok dengan makan bajamba dengan dihadiri oleh seluruh ninik mamak dan tokoh-tokoh yang ada di Kecamatan Kuranji.( FIT REL)

    No comments

    Post Bottom Ad

    "BOFET HARAPAN PERI"