• Breaking News

    Irwan Basir, Datuk Rajo Alam, SH.MM melepas kegiatan Pawai keliling siswa SDN 01

     

    JELAJAHNEWS Padang ( SUMBAR) Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir, Datuk Rajo Alam, SH.MM melepas kegiatan Pawai keliling siswa SDN 01


    Limau Manis Kecamatan Pauh Kota Padang dalam rangka  "Alek Tutuik Tahun 2022" yang dipusatkan di Halaman Sekolah Dasar SD 01 Limau Manis, pada Kamis 15/12/2022.

    Dalam sambutannya, Irwan Basir mengatakan dirinya menyambut baik atas terlaksananya kegiatan pawai oleh Sekolah Dasar SD 01 Limau Manis ini. Melalui kegiatan pawai ini bisa menjadi salah satu cara kita bersama untuk mengajari dan mengenalkan kepada anak-anak kita sejak kecil tentang pakaian adat Minangkabau. Disamping itu juga bertujuan melestarikan budaya lokal adat minang kepada generasi  sekolah agar budaya berpakaian adat minang ini tetap menjadi kebanggan bagi mereka dimasa yang akan datang.

    "Ini suatu kegiatan positif memperkenalkan kepada generasi usia sekolah akan budaya adat minang agar mereka dapat mengetahuinya. Hal ini bertujuan agar nanti budaya kearifan lokal ini tidak hilang dan tergerus oleh budaya lain yang jauh dari etika cara berpakaian orang minang. Kita berharap generasi minang ini nantinya tetap melestarikan budaya kearifan lokal ini dan mereka bangga dengan budaya negeri nenek moyang sendiri," ucap  tokoh yang juga ketua Dekopinda Kota Padang ini.

    Lebih jauh disampaikan, saat ini banyak sekali pengaruh dari budaya luar yang menyerang generasi muda minang yang kalau tidak diantisipasi dari kini, maka mereka tidak mengenal lagi budaya negeri sendiri. Perkembangan dunia teknologi dan internet membuat kita bisa megakses segala bentuk ilmu pengetahuan atau budaya lain dari dunia luar. Jika kita tidak bisa membatasi anak-anak kita, maka mereka tidak akan pernah lagi mengetahui budaya yang ada di negeri yang dikenal beradat ini.

    "Kita akui, perkembangan dunia internet yang membuat semua orang bisa mengakses apapun yang kita pingin cari. Segala ilmu pengetahuan atau budaya dari dunia luar, belum tentu cocok dan sesuai dengan budaya kita di negeri ini. Kita harus bisa mengawasi anak-anak kita dan memberi pemahaman kepada agar mereka bisa memilah mana yang baik dan mana yang tidak baik. Kita juga harus memberi pendidikan kepada mereka tentang budaya negeri mereka sendiri agar mereka mengetahuinya. Salah satunya adalh seperti kegiatan hari ini yang memperkenalkan kepada anak usia sekolah akan pakaian adat negeri mereka agar mereka nantinya bisa melestarikannya," tambah Irwan Basir.

    Kepala Sekolah SDN 01 tema “Ibu cerdas menghasilkan anak yang cerdas”.

    Irwan Basir juga berpesan agar anak-anak sekolah terus setinggi-tingginya dan rajinlah belajar, agar menjadi anak-anak yang cerdas, berakhlak mulia dan menjadi kebanggan orang tua. Semoga dengan dilaksanakannya pawai ini, juga semakin menjalin keakraban dan silaturahmi diantara kita.

    Dengan mengangkat tema orang tua cerdas menghasilkan anak yang cerdas, dengan harapan anak-anak kami nantinya bisa cerdas menjadi harapan bangsa di masa akan datang.

    Dia berharap mudah-mudahan acara ini akan berlanjut yang pertama untuk memotivasi anak-anak supaya dia giat sekolah senang didalam melaksanakan belajarnya di Sekolah Dasar (SD 01) Limau Manis, juga orang tua merasa termotivasi dengan Alek Tutuik Tahun 2022 ini.

    Turut dihadiri oleh Para Guru SDN 01 Limau Manis, Ketua LPM Limau Manis, Para Orangtua murid, Masyarakat. (MS/DP)

    No comments

    Post Bottom Ad

    "BOFET HARAPAN PERI"