• Breaking News

    Kemenag Sumbar Sosialisasi Pengelolaan Bantuan Peningkatan Mutu Raudlatul Athfal


    JELAJAHNEWS Padang SUMBAR |- Bertempat di aula Gedung PLHUT Kota Parimaan, hari ini Kamis (08/12) dilangsungkan Sosialisasi Pengelolaan Bantuan Peningkatan Mutu Raudlatul Athfal.

    Dalam sambutannya mewakili Kakanwil, Mofri Antoni selalu Sub Koordinator Seksi Kelembagaan dan Sistem Informasi Bidang Penmad Kanwil Kemenag Sumbar menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya sosialisasi ini dalam rangka meningkatkan manajemen pengelolaan dan peningkatan mutu terkait dengan bantuan pada Raudlatul Athfal di Sumbar. 

    Berdasarkan Surat Dirjen Pendis nomor B.1807/Dj.I/Dt.I.I/KU.05/08/2022 tanggal 2 Agustus 2022 perihal konfirmasi akhir potensi lebih dana BOP-RA TA 2022 sekaligus menindaklanjuti surat Kakanwil Kemenag terkait potenai lebih dana dimaksud, tercatat sebanyak 23 lembaga yang mendapat bantuan ini di Sumbar.

    Untuk itu, Mofri Antoni meminta agar Kepala RA dapat berkoordinasi dengan baik bersama guru-guru RA agar dalam pelaksanaan bantuan berjalan dengan baik. Pihaknya juga memastikan agar penggunaan bantuan sesuai Juknis. Dimana bantuan tersebut diperuntukkan untuk dua hal. Pertama, bantuan belanja Peralatan dan Mesin untuk diserahkan kepada masyarakat/Pemda dalam bentuk uang sebanyak 11 RA. Kedua untuk bantuan pelatihan peningkatan, kualitas kompetensi guru, tenaga kependidikan dan pembelian APE (Alat Peraga Edukatif untuk 12 RA terlampir.

    "Total bantuan sebesar 1.150.000.000 miliar rupiah ini ditujukan untuk 23 RA. Dimana masing-masing RA mendapat bantuan senilai 50.000.000 rupiah. Semoga dengan adanya bantuan ini, RA di Sumbar semakin menggeliat dan diminati masyarakat," pintanya.

    Sementara itu Kakankemenag Kota Pariaman H Rinalfi mengingatkan para penerima bantuan untuk mengoptimalisasikan penggunaan bantuan. "Gunakanlah bantuan semaksimal mungkin sesuai kebutuhan RA," ungkapnya.

    Dilain pihak, Ketua IGRA Provinsi Sumatera Barat Yeni menyebut alokasi bantuan berasal dari kelebihan dana BOP RA Tahun 2022 untuk bantuan peningkatan mutu RA. Peruntukan bantuan ini dibagi dua, untuk bantuan pembelanjaan Peralatan dan Mesin dan kedua untuk APE (Alat Peraga Edukatif) dan peningkatan mutu.

    Mewakili Kepala RA se-Sumbar Yeni menyampaikan ucapan terimakasih setinggi-tingginya kepada Kanwil Kemenag Sumbar, atas bantuan terhadap 23 RA di Sumbar. "Walaupun bantuan ini dibagi dua, ada yang bisa dipergunakan untuk transformasi digital. Seperti untuk membeli proyektor, laptop, scanner dan sepaket sound system. Sehingga pembelajaran di RA tidak sebatas diruang kelas, namun juga menggunakan alat IT yang sangat dibutuhkan saat ini," ungkapnya.

    Ia berharap RA di Sumbar semakin terpacu meningkatkan mutu dan kualitasnya. Terlebih lagi, untuk RA yang berada dipusat kota, dengan persaingan yang sangat ketat. "Melalui bantuan mesin ini RA tidak ketinggalan dari lembaga pendidikan setingkat lainnya," harap Yeni.

    Pada momen ini berlangsung pula penyerahan sertifikat dari Kanwil Kemenag Sumbar diwakili Mofri Antoni kepada Kakankemenag Kota Pariaman H Rinalfi, disaksikan Sub Koor Seksi Sarpras Firdaus, Kasi Pendis Kota Pariaman serta Kepala RA penerima bantuan. Dimana menerima langsung secara simbolis dua Kepala RA atas nama RA Al Ikhlas dan RA Kanwil Kemenag Sumbar.

    Sebagai informasi, 23 RA penerima bantuan tersebut antara lain, RA Ar Rahmah Kota Bukittinggi, RA Al-Ikhlas Kota Padang Panjang, RA DWP Kota Pariaman, RA DW Kemenag Kota Padang RA Sentuhan Qalbu Kota Padang, RA Al-Ikhlas Kota Payakumbuh, RA Al-Hidayah Kota Sawahlunto, RA Al-Ikhlas DW Persatuan Depag Kota Solok, RA MIN 1 Candunf Kabupaten Agam, RA As-Salam 02 Kabupaten Dharmasraya, RA Bakti 36 Sipora Jaya Kabupaten Kepulauan Mentawai, RA Islam Bakti 43 Kepulauan Mentawai.

    Selanjutnya  Bintang Cendikia Kabupaten Liko, RA Bani Saleh Parit Malintang Kabupaten Padang Pariaman, RA Ikrar Sungai Durian Patamuan Kabupaten Padang Pariaman, RA Islam Bakti 23 Sungai Sarik Padang Pariaman, RA Al-Ikhlas DWR Kemenag Pasaman, RA Al-Ikhlas Kabupaten Tanah Datar, RA Al-Ikhlas DW Pasaman Barat,RA Dharmawanita Depag Kabupaten Pessel, RA Hafiz Al-Ikhlas Kab. Sijunjung, RA Ikhlas DWP Depag Subarang Kabupaten Solok dan RA Darul Munawarah Kabupaten Solok Selatan.(vera)

    No comments

    Post Bottom Ad

    "BOFET HARAPAN PERI"