• Breaking News

    Hadir Dalam Pertemuan Rang Sumando Kandang Gabuo, Irwan Basir : Perkumpulan Rang Sumando


    JELAJAHNEWS Padang, (SUMBAR) - Ketua Majelis Pertimbangan Adat Nagari Pauh IX Kecamatan Kuranji Kota Padang, Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH.MM mengatakan Perkumpulan Urang Sumando yang ada di tiap-tiap kampung merupakan organisasi yang bersifat lokal yang bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi sebagai hidup bertetangga dan bermasyarakat dalam suatu kampung. Dengan demikian, adanya persatuan ini bisa dijadikan wadah untuk berbagai kegiatan bermanfaat dalam membina dan membangun lingkungan tempat tinggal.

    Hal itu dikatakan Irwan Basir saat diundang dalam pertemuan rutin bulanan Ikatan Urang Sumando Kandang Gabuo Kelurahan Korong Gadang Kecamatan Kuranji Kota Padang pada Selasa malam, 3/1/2023.


    Selanjutnya dikatakan, pertemuan rutin yang dilakukan urang sumando di tiap bulan ini, janganlah dijadikan sebagai rutinitas pertemuan arisan saja yang hanya sekedar mencabut lotere untuk pertemuan berikutnya. Tetapi hendaklah menjadi wadah ajang diskusi untuk suatu program yang akan dilaksanakan yang manfaatnya bisa dirasakan secara bersama-sama.

    "Sebenarnya sangat banyak manfaat dari persatuan urang sumando ini. Disamping sebagai untuk mempererat tali silaturahmi, organisasi ini juga dapat dijadikan sebagai wadah diskusi dalam merencanakan program-program yang sifatnya bermanfaat untuk lingkungan dan masyarakat, terutama bermanfaat bagi anggota. Jadi pertemuan ini bukan melulu hanya untuk arisan sekedar cabut lotere bagi pertemuan berikutnya tapi ada program-program positif yang bisa didiskusikan untuk dilaksanakan," ucap Irwan Basir yang merupakan Ketua DPD LPM Kota Padang ini.


    Lebih jauh dikatakan, program-program yang dimaksud untuk bisa didiskusikan adalah yang manfaatnya bisa menumbuhkan atau meningkatkan perekonomian para anggota. Contohnya Koperasi. Ikatan urang sumando ini bisa membentuk badan usaha koperasi untuk awalnya khusus anggota bagi anggota saja. Manfaatnya sangat banyak dan sifatnya adalah dari anggota, oleh anggota dan untuk anggota. Dan nantinya bisa membantu masyarakat sekitar dalam memerlukan modal usaha daripada harus meminjam kepada rentenir. 

    "Saya lihat organisasi ini punya banyak anggota. Dan ini sudah bisa membentuk suatu badan usaha Koperasi. Seluruh anggota organisasi menjadi anggota Koperasi. Dan ini bisa meningkatan taraf ekonomi anggota, karena koperasi itu sifatnya dari anggota oleh anggota dan untuk anggota. Dan ini manfaatnya sudah jelas, bukan saja dapat membantu para anggota perkumpulan, tapi juga dapat membantu pembangunan ekonomi kampung dan memberikan bantuan modal usaha bagi masyarakat yang menjadi anggota koperasi itu," ungkap tokoh yang juga ketua Dekopinda Kota Padang ini.

    Ketua perkumpulan Erison Rajo Alam mengatakan sangat berterima kasih atas saran dan masukan yang diberikan oleh Irwan Basir selaku pembina persatuan Urang Sumando Kandang Gabuo. Selama ini memang belum terpikirkan untuk membuat program tersebut.

    "Kami sangat berterima kasih sekali atas saran dan masukan dari pembina kami Bapak Datuk Irwan Basir. Selama ini memang belum terpikirkan untuk membuat program itu. Dengan adanya arahan dari Pak Datuk, akan kami bicarakan nantinya bersama anggota kelompok. Kami memandang ini suatu saran yang sangat positif untuk kemajuan kelompok urang sumando ini," ungkap Erison yang juga ketua RT di Kandang Gabuo ini.

    Pada kesempatan yang sama, sebelum menuju ketempat pertemuan urang sumando ini, Irwan Basir terlebih dahulu mengunjungi salah seorang warga ibu Nurmalis yang rumahnya tertimpa oleh batang pohon akibat dari angin kencang hari Jumat yang lalu. Dari akibat musibah itu, separoh dari konstruksi atap rumahnya hancur dan untuk sementara terpaksa ditutup terpal. 

    Irwan Basir yang melihat musibah itu merasa prihatin dan turut berduka. Secara spontan, Penghulu suku Jambak nan Batujuah ini memberikan sedikit bantuan uang tunai guna dimanfaatkan oleh keluarga yang ditimpa musibah. Irwan Basir juga berjanji akan memberikan bantuan seng untuk atap rumah. Kayunya nanti akan diusahakan dicarikan donaturnya untuk membantu keluarga ini.

    Turut mendampingi Irwan Basir, Wakil Sekretaris DPD LPM Kota Padang Martias Sarjanny, SE. Lurah Korong Gadang Kasma Efendi, S.Sos, Ketua RT setempat Erison Rajo Alam, Humas LPM Dedi Prima, Hariyanto serta Feri Yosrizal dan Momon.

    No comments

    Post Bottom Ad

    "BOFET HARAPAN PERI"