• Breaking News

    Irwan Basir Hadir Dalam Acara Silaturahim Paguyuban Paperja di Air Dingin Kecamatan Koto Tangah Kota Padang.

    JELAJAHNEWS Padang (SUMBAR) - Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH.MM hadir dalam acara Silaturahim Akbar, Dzikir dan Muhasabah  Komunitas Paguyuban Perantau Jawa (Paperja) yang dilaksanakan di Air Dingin Kecamatan Koto Tangah Kota Padang pada Minggu, 1/1/2023.

    Dalam sambutannya, Irwan Basir mengatakan Silaturahim Paperja ini menandakan kuatnya ukhuwah Islamiah antar sesama perantau yang berasal dari tanah Jawa. Namun, sebagai penduduk Kota Padang, Paperja adalah bahagian dari masyarakat Kota Padang yang turut berperan memajukan pembangunan di Kota Padang, baik dalam bentuk pembangunan phisik maupun dalam pembangunan ekonomi.

    "Kegiatan Silaturahim Akbar yang digelar oleh Paperja ini menandakan kuatnya ukhuwah Islamiah antar sesama perantau yang berasal dari tanah Jawa. Sebaliknya, sebagai penduduk Kota Padang, Paperja adalah bahagian dari masyarakat Kota Padang yang turut berperan memajukan pembangunan di Kota Padang, baik dalam bentuk pembangunan phisik maupun dalam pembangunan ekonomi," ucap Irwan Basir yang juga ketua Dekopinda Kota Padang ini.

    Lebih jauh dikatakan, persaudaraan orang minang dengan orang asli Jawa sudah terbina jauh sebelum negara ini merdeka. Kita masih ingat, bagaimana Sentot Ali Basya yang datang dari Jawa membantu pasukan Paderi dibawah pimpinan Tuanku Imam Bonjol untuk melawan Belanda. Rasa senasib dan sepenanggungan, setanah air telah menjadi kekuatan persatuan untuk menumpas penjajah. Jadi tidak heran kalau komunitas paguyuban Paperja ini saat berada di negeri Minang seperti di daerah asal sendiri karena mereka sudah menjadi bagian dari masyarakat minang itu sendiri. Inilah kebhinekaan, negara ini kuat karena kebhinnekaan tersebut.

    "Sentot Ali Basya dulunya berjuang membantu pasukan Paderi dibawah pimpinan Tuanku Imam Bonjol untuk melawan Belanda. Rasa senasib dan sepenanggungan, setanah air telah menjadi kekuatan persatuan untuk menumpas penjajah. Ini bukti kalau hubungan rasa persaudaraan antara orang Minang dan orang Jawa itu sudah terjalin dari dulunya. Jadi tidak heran kalau komunitas paguyuban Paperja ini saat berada di negeri Minang seperti di daerah asal sendiri karena mereka sudah menjadi bagian dari masyarakat minang itu sendiri. Inilah kebhinekaan, negara ini kuat karena kebhinekaan tersebut," ujar Irwan Basir .

    Irwan Basir juga menyinggung tentang banyaknya anggota paguyuban Paperja ini yang bergerak dalam bidang ekonomi. Ini adalah bentuk peran dari anggota Paperja dalam meningkatkan usaha perekonomian di Kota Padang. 

    "Kita ketahui banyak diantara anggota paguyuban Paperja ini yang bergerak dalam bidang ekonomi. Ini adalah bentuk salah satu peran dari komunitas Paperja dalam meningkatkan usaha perekonomian di Kota Padang," sambung Irwan Basir lagi.

    Kegiatan Silaturahim Akbar, Dzikir dan Muhasabah ini dihadiri oleh Gubernur Sumatera Barat yang diwakili oleh Kadis Sosial Harry Yuswandi. Hadir juga Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar Syaifulloh, Mantan Rektor UNES Dr. Otong Rosadi, Jajaran Pengurus Paperja dan segenap undangan lainnya.

    No comments

    Post Bottom Ad

    "BOFET HARAPAN PERI"