• Breaking News

    Kokohkan SIlaturahmi, Irwan Basyir Gagas Pertemuan Tuo Silek Di Padang

     


     

    Padang | Ketua Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (DPD LPM)  Kota Padang Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MM  menghadiri acara malam Silaturrahmi Tuo-tuo (guru) Silek se Kota Padang, Senin (27/12/2021) malam di aula serbaguna Belimbing Kuranji.


    Dikatakan Datuk Irwan Basir, acara yang digagas oleh Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Padang dengan mempertemukan tuo silek, memunculkan energi positif bagi tuo-tuo silek, meningkatkan eksistensi dan menggairahkan kembali dunia persilatan maupun keberadaan mereka se-Kota Padang.


    Masih kata Tokoh yang Humbel Kota Padang inu, Datuk IB, latihan gabungan adalah ajang silaturrahim dan penguatan kelembagaan IPSI dalam memajukan budaya kearifan lokal nan sudah mulai memudar dan wajib diwarisi kepada generasi muda saat ini.


    " Sangat hakkul yakin kita, silaturahmi tuo silek merupakan implementasi dari kako-kako pandeka kepada generasi penerus sebagai pendalaman, pemahaman nilai adat istiadat maupun sisi rigiusnya, pungkas Datuk IB yang juga Ketua MPA KAN Kuranji ini.


    “ Selain itu, silek dapat menanamkan  nilai-nilai karakter dan menciptakan kepribadian yang tangguh, menjauhkan anak generasi muda dari pengaruh maksiat lainya. yang ada pada silat serta filosofi lahienya mencari kawan, batinnya mencari tuhan,” pesan Datuk IB.


    Sementara itu, Ketua IPSI Sumbar Dr. Fauzi Bahar yang juga Ketua LKAAM Sumbar memberikan dukungan dan apresiasi kegiatan yang digelar IPSI Padang, yang bisa menunjukkan kekompakan  dan eksistensi dalam memajukan seni dan beladiri silat.


    “Terima kasih kepada IPSI Padang dan seluruh panitia yang telah menggelar acara ini dengan baik,” kata Wali Kota Padang dua periode ini.


    Hal hal senada dari Ketua IPSI Padang Zulhardi menyebutkan, kegiatan ini juga adalah salah satu pembuktian bahwa tuo-tuo silek se-Kota Padang yang menerima insentif dari pemerintah Kota Padang adalah betul-betul guru-guru gadang atau pandeka yang betul-betul mahir dalam bela diri silat.


    “Sebagai buktinya IPSI Kota Padang melalui atlet pencak silatnya sudah berhasil menyumbangkan medali emas di ajang PON XX Papua untuk Sumbar," pungkas Buya panggilan sehari Zulhardi.


    Bukan itu saja, prestasi ini bukan di PON saja. Juara atau peraih medali emas di ajang PON XX Papua ini juga berhasil mewakili Indonesia di ajang internasional setelah berhasil mengalahkan pesaingnya di seleksi atlet pencak silat yang mewakili Indonesia, tegas Buya penuh bangga.


    Terlihat hadir dalam kegiatan itu, Ketua IPSI Sumbar Fauzi Bahar, Asisten II Pemko Padang yang juga Ketua IPSI Kototangag Hendrizal, Ketua IPSI Padang Zulhardi Z Latif dan Sekrtaris Umum (Sekum) IPSI Padang Mulyadi Muslim. 


    Juga turut dihadiri oleh Bendahara IPSI Kota Padang Syahril Keh, Kadispora dan  Kabid Pendidikan dan Kebuyaan Padang, Ketua Harian Effendi Rasyid dan Pengurus IPSI Kota Padang beserta tuo-tuo silek se-Kota Padang. (Dp/Hr1)

    No comments

    Post Bottom Ad

    Bofet Harapan Peri